Putin Perkuat Hubungan dengan Negara-negara Liga Arab

Rabu, 02 November 2022 - 12:00 WIB
loading...
Putin Perkuat Hubungan dengan Negara-negara Liga Arab
Bendera-bendera negara anggota terlihat menjelang KTT Liga Arab di Aljir, Aljazair, 1 November 2022. Foto/REUTERS/Ramzi Boudina
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menyerukan hubungan yang lebih kuat dengan Liga Arab dan negara-negara anggotanya.

Dia mengusulkan kerja sama yang lebih erat dalam menjaga keamanan regional dan dalam menyelesaikan sejumlah konflik yang sedang berlangsung dari Libya hingga Yaman.

Berbicara kepada anggota Liga Arab menjelang konferensi tingkat tinggi (KTT) ke-31 badan tersebut di Aljazair pada Selasa (1/11/2022), Putin mengatakan, "Pembentukan sistem multipolar hubungan internasional mendapatkan momentum."



Putin menambahkan, “Negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara, dengan populasi gabungan hampir setengah miliar, akan memainkan peran yang semakin signifikan dalam proses ini."

“Rusia siap untuk terus meningkatkan sepenuhnya hubungan dengan Liga Arab dan semua anggotanya, terutama dalam memperkuat keamanan regional dan global,” lanjut presiden Rusia.

“Kami percaya masalah militer dan politik yang dihadapi Timur Tengah dan Afrika Utara, termasuk krisis Suriah dan Libya serta konflik Yaman dan Israel-Palestina, harus diselesaikan berdasarkan hukum internasional yang diakui secara universal, dengan menghormati sepenuhnya kedaulatan dan integritas teritorial negara-negara,” ujar Putin.



KTT Liga Arab dimulai pada Selasa, dengan pejabat dari semua 22 anggota badan yang hadir selain Suriah, yang telah diskors dari organisasi sejak perang saudara dimulai pada tahun 2011.

Meski demikian, ada beberapa diskusi tentang mengizinkan Suriah untuk menghadiri pertemuan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)