AS Hendak Kerahkan Pesawat Pengebom Nuklir ke Australia, China Marah

Selasa, 01 November 2022 - 11:57 WIB
loading...
AS Hendak Kerahkan Pesawat Pengebom Nuklir ke Australia, China Marah
Rencana AS untuk mengerahkan pesawat pengebom nuklir B-52 ke Australia telah membuat China marah. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - China marah atas rencana Amerika Serikat (AS) mengerahkan pesawat pengebom nuklir B-52 ke Australia. Menurut Beijing, langkah Washington ini akan memicu perlombaan senjata di kawasan regional.

Menurut program investigasi "Four Corners" ABC yang ditayangkan hari Senin, Washington telah menyusun rencana untuk membangun sebuah "fasilitas operasi skuadron" khusus di pangkalan udara Tindal di selatan Darwin yang akan menampung enam pesawat pengebom B-52.

Pesawat ini mampu mengirimkan senjata nuklir dan konvensional, dengan jangkauan tempur lebih dari 14.000 km.



Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan dengan mengirim pesawat pengebom ke Australia, AS telah meningkatkan ketegangan regional.

"Secara serius merusak perdamaian dan stabilitas regional, dan dapat memicu perlombaan senjata regional," katanya, seperti dikutip news.com.au, Selasa (1/11/2022).

“Kerja sama pertahanan dan keamanan antara negara mana pun harus kondusif bagi perdamaian dan stabilitas regional dan tidak menargetkan atau merugikan kepentingan pihak ketiga,” lanjut dia kepada wartawan di Beijing.

Zhao mengatakan Beijing mendesak semua negara yang terkait untuk meninggalkan pemikiran zero-sum Perang Dingin yang usang dan konsep geopolitik yang sempit.

"Fokusnya seharusnya lebih berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas regional dan meningkatkan rasa saling percaya," katanya.

Hu Xijin, mantan pemimpin redaksi Global Times yang dikelola Partai Komunis China (PKC) mengeluarkan peringatan yang tidak menyenangkan kepada Australia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)