Perbandingan Antara Bom Nuklir Rusia dan Amerika, Lebih Unggul Mana?

Selasa, 01 November 2022 - 04:30 WIB
loading...
Perbandingan Antara Bom Nuklir Rusia dan Amerika, Lebih Unggul Mana?
Perbandingan Antara Bom Nuklir Rusia dan Amerika, Lebih Unggul Mana?. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dan Rusia , keduanya merupakan kekuatan nuklir terbesar di dunia. Senjata tersebut jadi ancaman bagi umat manusia dan kedua negara tersebut masih akan membuat lebih banyak senjata nuklir.

Perlombaan senjata nuklir sendiri merupakan dampak yang paling mengkhawatirkan dari Perang Dingin antara AS dan Uni Soviet. Selama beberapa dekade, kedua pihak telah menandatangani berbagai perjanjian pengendalian senjata sebagai sarana untuk mengelola persaingan mereka dan membatasi resiko perang nuklir.



Namun, beberapa celah telah muncul kembali dalam hubungan AS-Rusia di beberapa tahun terakhir, yang kemudian meningkatkan kembali persaingan dan perlombaan senjata nuklir antar keduanya.

Federasi Ilmuwan Amerika menjelaskan bahwa Rusia memiliki total inventaris hulu ledak nuklir sebanyak 5.977. Besaran ini pun menjadikan Rusia sebagai yang terbesar di dunia.

Persenjataan Rusia ini juga mencakup sekitar 4.447 hulu ledak, yang mana sekitar 1.588 diantaranya dikelola dalam bentuk rudal balistik serta pangkalan pesawat pengebom.

Selain itu, dijelaskan pula bahwa ada sekitar 977 hulu ledak strategis bersama 1.912 hulu ledak non-strategis yang disimpan sebagai cadangan.



Namun, para ahli mengatakan bahwa jumlah asli yang dimiliki Rusia tidak diketahui secara pasti, mengingat kerahasiaan seputar strategi dan keamanan negara tersebut yang cukup ketat.

Sedangkan untuk Amerika Serikat, negara tersebut secara total mempunyai sekitar 5.428 hulu ledak nuklir. Dari angka tersebut, sekitar 3.708 beroperasi dan sisanya dimaksudkan untuk dibongkar terlebih dahulu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)