AS-Korsel Latihan Serangan Udara, Kerahkan 240 Pesawat Termasuk Jet Siluman F-35

Senin, 31 Oktober 2022 - 13:54 WIB
loading...
AS-Korsel Latihan Serangan Udara, Kerahkan 240 Pesawat Termasuk Jet Siluman F-35
Amerika Serikat dan Korea Selatan gelar latihan serangan udara yang melibatkan 240 pesawat, termasuk jet tempur siluman F-35. Foto/Ilustrasi/US Air Force/R. Nial Bradshaw/Handout via REUTERS
A A A
SEOUL - Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan memulai salah satu latihan serangan udara gabungan terbesar mereka pada Senin (31/10/2022). Manuver ini melibatkan sekitar 240 pesawat, termasuk jet tempur siluman F-35 .

Latihan serangan udara ini—dengan kedua pihak melakukan serangan tiruan—akan berlangsung hingga Jumat mendatang.

Operasi tersebut, yang dinamai "Vigilant Storm", akan menampilkan sekitar 240 pesawat tempur yang melakukan sekitar 1.600 serangan mendadak. Demikian pernyataan Angkatan Udara AS sebelum latihan dimulai.

Menurut Angkatan Udara AS, Jumlah misi itu adalah yang tertinggi untuk latihan tahunan ini.

Baca juga: Terungkap, Lebih dari 825 Jet Tempur Siluman F-35 AS 'Rasa China'

Korea Utara kerap mengecam latihan tempur gabungan AS dan Korsel dengan menganggapnya sebagai latihan untuk menginvasi Pyongyang dan bukti kebijakan bermusuhan oleh Washington dan Seoul.

Sebagai protes atas latihan tempur gabungan baru-baru ini, Korea Utara telah meluncurkan rudal, melakukan latihan serangan udara, dan menembakkan peluru artileri ke laut.

Amerika dan sekutunya mengatakan latihan tempur gabungan diperlukan untuk melawan potensi ancaman dari Korea Utara, yang telah melakukan sejumlah peluncuran rudal tahun ini.

AS juga menduga Korea Utara yang dipimpin Kim Jong-un telah membuat persiapan untuk melanjutkan uji coba senjata nuklir untuk pertama kalinya sejak 2017.

Vigilant Storm akan mencakup varian pesawat tempur siluman F-35 dari Amerika Serikat dan Korea Selatan, di antara pesawat lainnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2349 seconds (10.101#12.26)