AS Ingin Persenjatai NATO dengan Bom Nuklir Gravitasi, Ini Respons Rusia

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 18:14 WIB
loading...
A A A
Politico mengutip seorang juru bicara Pentagon yang mengatakan rincian nuklir tidak akan dibahas tetapi modernisasi senjata B61 telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Di tengah krisis Ukraina, Presiden Rusia Vladimir Putin berulang kali mengatakan bahwa Moskow akan mempertahankan wilayahnya dengan segala cara, termasuk dengan senjata nuklir, jika diserang.

Komentar tersebut menimbulkan kekhawatiran khusus di Barat setelah Moskow menyatakan bulan lalu bahwa mereka telah mencaplok empat wilayah Ukraina yang sebagian dikendalikan oleh pasukannya.

Putin mengatakan Barat telah terlibat dalam "pemerasan nuklir" terhadap Rusia.

Presiden AS Joe Biden mengatakan pada 6 Oktober bahwa Putin telah membawa dunia lebih dekat ke "Armageddon" daripada kapan pun sejak Krisis Rudal Kuba. Namun, Biden kemudian mengatakan dia tidak berpikir bahwa Putin akan menggunakan senjata nuklir taktis.

Putin tidak menyebutkan menggunakan senjata nuklir taktis tetapi mengatakan dia mencurigai Ukraina dapat meledakkan "bom kotor", klaim yang dikatakan Ukraina dan Barat salah.

Bom nuklir B61 AS pertama kali diuji di Nevada tak lama setelah Krisis Rudal Kuba. Di bawah Barack Obama, presiden AS dari 2009 hingga 2017, pengembangan versi baru bom, B61-12, telah disetujui.

Grushko mengatakan bahwa Moskow juga harus memperhitungkan jet tempur siluman F-35 Lockheed Martin yang akan menjatuhkan bom semacam itu. NATO, katanya, telah memperkuat bagian nuklir dari perencanaan militernya.

"NATO telah membuat keputusan untuk memperkuat komponen nuklir dalam rencana militer aliansi,” kata Grushko.

Duta Besar Rusia untuk Washington, Anatoly Antonov, mengatakan pada hari Sabtu di Telegram bahwa bom B61 baru memiliki “signifikansi strategis” karena senjata nuklir taktis Rusia disimpan, namun bom AS ini hanya berjarak penerbangan singkat dari perbatasan Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)