Pria Ini Jadi Dokter Gadungan, Kumpulkan 919 Foto dan Video Bugil dari 35 Wanita

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 12:03 WIB
loading...
Pria Ini Jadi Dokter Gadungan, Kumpulkan 919 Foto dan Video Bugil dari 35 Wanita
Dokter gadungan ditangkap karena memperdaya 35 wanita. Foto/REUTERS
A A A
SINGAPURA - Seorang pria menyamar sebagai dokter ginekolog wanita dan membuat profil palsu secara online untuk memikat para wanita agar mengiriminya foto dan video bagian intim mereka.

Ooi Chuen Wei (37) asal Malaysia berhasil menipu 35 wanita agar mengiriminya lebih dari 900 video dan gambar bagian intim mereka.

Dia divonis 40 bulan penjara pada Rabu (26/10). Dia mengaku bersalah atas enam tuduhan kecurangan dengan identitas, dengan 15 tuduhan lainnya dipertimbangkan.

Pengadilan mengungkap rencana licik Ooi dimulai pada 2016. Dia membuat profil Facebook dengan nama palsu, berencana menyamar sebagai dokter dan mendapatkan kepercayaan dari para korban.



Untuk memberi kesan legitimasi, dia menambahkan pria dan wanita sebagai teman di Facebook. Dia juga membuat akun Instagram dan LinkedIn dengan detail profil serupa.

Antara 2018 dan 2021, dia melakukan tipu muslihat dengan modus operandi berikut: Dia akan menghubungi korban di media sosial dan memperkenalkan dirinya sebagai Dr Janice Lee Yan Hooi, seorang ginekolog dari Gleneagles Medical Centre.

Dia akan mengirimi korban pesan template dalam bahasa Mandarin, mengatakan bahwa dia adalah seorang ginekolog dan ingin berbagi rencana medis yang berkaitan dengan payudara dan vagina korban.



Dalam pesannya, dia menjelaskan bagaimana korban akan berpartisipasi dalam rencana yang dia klaim disetujui oleh Gleneagles.

Dia juga akan meminta korban mengisi survei pemantauan diri, dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan payudara dan vagina serta kehidupan seks korban.

Beberapa korban mengambil umpan dan mengisi survei. Sebagai tanggapan, Ooi akan mengisi lembar Microsoft Excel dengan informasi dan mengirimkannya kepada korban untuk dilihat.

Ooi menghindari berbicara dengan para korban agar tidak membuka penyamarannya. Dia juga mengirimkan laporan kepada korban tentang apa yang harus diperhatikan, terkait dengan perawatan payudara dan vagina.

Dia juga akan mengirimkan template lain untuk diisi para korban, dengan sampel foto payudara dan vagina untuk pemantauan ketat.

Dia kemudian menginstruksikan para korban tentang cara melakukan pijatan pada bagian pribadi mereka, lalu meminta gambar dan video sebelum dan sesudahnya, mengatakan itu untuk tujuan saran perawatan.

“Sebanyak 35 korban percaya pada kebohongan rumit Ooi dan mengirimkan foto payudara dan vagina mereka kepadanya,” ungkap jaksa.

Ada total 919 foto dan video korban yang dikirim pada dokter gadungan itu.

Salah satu korban menjadi curiga dan melakukan penelitian sendiri. Dia menyadari tidak ada ginekolog bernama Dr Janice di Gleneagles.

Dia mengajukan laporan polisi elektronik dari Malaysia ke Polisi Singapura pada 24 Juli 2021, mengatakan dia telah menjadi korban penipuan di mana seseorang menyamar sebagai dokter untuk mendapatkan foto telanjangnya.

Polisi menggerebek rumah Ooi dan menyita perangkatnya. Dia mengakui semua pelanggarannya selama penyelidikan, dan menjelaskan modus operandinya secara rinci.

Dia mengatakan dia tahu para korban akan khawatir dan terhina jika mereka tahu dia bukan seorang wanita.

Tidak ada bukti bahwa Ooi mengedarkan gambar atau video tersebut.

Ada tujuh korban lain yang dia coba tipu tetapi tidak berhasil melakukannya.

Wakil Jaksa Penuntut Umum R Arvindren menuntut minimal 44 bulan penjara. Dia mengatakan ada banyak korban dan kasus itu berlangsung lama.

“Ooi mulai merencanakan pada 2016 dan melakukan pelanggaran antara 2018 dan 2021, dengan dedikasi,” ujar Arvindren.

“Dia mengeksploitasi kepercayaan yang dimiliki para korban pada dokter, yang pada dasarnya adalah tipu muslihat telemedicine,” ungkap dia.

“Skema ini sangat dipercaya sehingga hanya satu korban yang melakukan pemeriksaan latar belakang dan hanya setelah dia jatuh ke dalam skema tersebut,” papar Arvindren.

Pengacara Ooi, Lee Terk Yang dari Flint & Battery mengatakan kliennya telah kehilangan pekerjaan, teman-temannya, dan calon tunangannya.

"Pada dasarnya dia kehilangan segalanya," ujar Lee.

Dia mengatakan Ooi adalah orang asing yang tinggal di apartemen sewaan di Singapura, tanpa keluarga bersamanya.

“Kehidupan Ooi dalam keadaan limbo pada tahun lalu dan itu memberinya waktu untuk merenung,” papar pengacara itu.

Dia meminta pengadilan menangani Ooi dengan belas kasihan, mengatakan dia adalah orang yang berubah.

Dalam hukuman, hakim mencatat "banyaknya korban", sifat pelanggaran Ooi yang berkepanjangan, serta kegigihannya menipu para korban.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0960 seconds (0.1#10.140)