Pasukan Australia Dikirim ke Inggris untuk Latih Tentara Ukraina

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 04:30 WIB
loading...
Pasukan Australia Dikirim ke Inggris untuk Latih Tentara Ukraina
Pasukan Australia Dikirim ke Inggris untuk Latih Tentara Ukraina. FOTO/ABC
A A A
CANBERRA - Pasukan Australia akan dikerahkan ke Inggris untuk melatih pasukan Ukraina . Langkah ini untuk membantu memperkuat pertahanan negara Eropa timur melawan invasi brutal Vladimir Putin.

Sebuah kontingen berisi 70 personel Angkatan Pertahanan Australia (ADF) akan bergabung dengan upaya pelatihan multinasional yang dipimpin Inggris, yang dikenal sebagai Operasi INTEFLEX. Mereka akan bergabung tepat setelah Natal, tetapi tidak akan memasuki Ukraina.



Komitmen tersebut merupakan bagian dari paket dukungan kedua yang diumumkan oleh pemerintah Australia, yang mencakup tambahan 30 kendaraan mobilitas yang dilindungi Bushmaster.

"Australia telah tegas dalam dukungan bipartisan untuk Ukraina dan kecamannya terhadap Presiden Putin," kata Perdana Menteri Anthony Albanese. "Kami akan terus membela kebebasan dan demokrasi," tambahnya, seperti dikutip dari ABC.

"Ini bukan hanya tentang kedaulatan Ukraina; orang-orang berani Ukraina membela hukum, aturan, dan norma internasional," lanjut Albanese.

Menurutnya, pemerintah Australia tidak akan menentukan tanggal pasti untuk penempatan ADF dengan alasan "keamanan operasional", tetapi mengharapkan personel tersebut tiba di Inggris sekitar bulan Januari.



"Tentara kami akan menjadi bagian dari program pelatihan besar di Inggris untuk membantu mempersiapkan pasangan Ukraina mereka untuk perjuangan mereka melawan agresi Rusia yang tidak beralasan dan melanggar hukum," kata Menteri Pertahanan Richard Marles.

"Sejak kedatangan mereka, Bushmaster telah digunakan secara luas oleh Angkatan Bersenjata Ukraina dengan lebih banyak diminta oleh Presiden Ukraina, Menteri Pertahanan, dan Duta Besar," tambah Marles.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba kemudian berterima kasih kepada Australia atas dukungannya dalam sebuah tweet.

Anggaran federal minggu ini mengalokasikan lebih dari USD200 juta untuk bantuan tambahan bagi Ukraina, termasuk USD185,6 juta bantuan Pertahanan yang dikirimkan dari dalam sumber daya yang ada.
Total dukungan keuangan Australia untuk Ukraina sekarang mencapai USD655 juta, termasuk USD475 juta untuk bantuan militer bagi negara yang dilanda perang itu.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1926 seconds (0.1#10.140)