Eks Jenderal AS: Putin Miliki Ribuan Senjata Nuklir tapi Tak Mungkin Menggunakannya

Kamis, 27 Oktober 2022 - 07:32 WIB
loading...
Eks Jenderal AS: Putin Miliki Ribuan Senjata Nuklir tapi Tak Mungkin Menggunakannya
Presiden Vladimir Putin memantau latihan nuklir Rusia pada hari Rabu. Dia dinilai tidak mungkin menggunakan senjata nuklir Rusia di Ukraina karena konsekuensi negatif yang harus dihadapi. Foto/Kremlin
A A A
KIEV - Seorang pensiunan letnan jenderal Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) mengatakan senjata nuklir Rusia mengkhawatirkan karena jumlahnya ribuan. Namun, menurutnya, Presiden Vladimir Putin sangat tidak mungkin untuk menggunakannya dalam perang dengan Ukraina .

Ben Hodges, yang menjabat sebagai komandan jenderal Angkatan Darat AS-Eropa antara 2014 dan 2017, mengatakan kepada Kyiv Post pada hari Rabu bahwa meskipun dia menganggap ancaman perang nuklir sangat serius, dia tidak yakin Kremlin akan menggunakan tindakan drastis seperti itu bahkan jika Putin mulai kehilangan lebih banyak wilayah.

“Rusia memang memiliki ribuan senjata nuklir dan saya menganggap ancaman itu sangat serius, tetapi saya pikir sangat tidak mungkin mereka akan menggunakan senjata nuklir itu karena semua konsekuensi negatif yang harus mereka hadapi,” kata Hodges.

"Dan saya pikir Kremlin dan staf umum Rusia mengetahui hal ini," ujarnya.



Hodges juga menyebutkan apa yang dia yakini sebagai beberapa "salah perhitungan strategis" oleh Kremlin, dimulai dengan asumsi Rusia bahwa tentaranya memiliki keuntungan besar atas militer Ukraina.

"Kesalahan perhitungan kedua yang mereka buat, tentu saja, adalah bahwa Barat tidak akan peduli, karena kami telah menunjukkan bahwa kami tidak bersedia berbuat banyak setelah Georgia, setelah Crimea, setelah Suriah, dan mereka mungkin berpikir bahwa kami akan terus melakukannya, tidak bereaksi sangat kuat," lanjut Hodges.

Pensiunan jenderal itu mengatakan bahwa Rusia juga berasumsi bahwa rasa sakit atau hukuman apa pun yang akan dihasilkan dari invasi ke Ukraina akan sepadan dengan apa yang bisa diperoleh negara sebagai imbalannya.

"Mereka ingin menghancurkan Ukraina sebagai sebuah negara, mereka ingin menghancurkan gagasan Ukraina sebagai sebuah negara," kata Hodges.

"Tetapi mereka tentu saja memiliki tujuan nyata, untuk mendapatkan Crimea dan untuk memastikan keberlanjutan Crimea, tetapi pada kenyataannya juga untuk menyingkirkan Ukraina atau menyingkirkan pemerintahan Presiden [Volodymyr] Zelensky dan mendapatkan beberapa gagasan bahwa mereka akan menjadi lebih setuju...Itu akan menjadi hasilnya," paparnya.

Hodges juga membahas mobilisasi penuh Putin baru-baru ini untuk pasukan Rusia, menyebut langkah itu sebagai malapetaka bagi Kremlin. Dia menambahkan bahwa Rusia tidak memiliki kemampuan untuk meningkatkan lebih banyak pasukan.

"Jelas, bagi orang-orang [mobilisasi] memperjelas bahwa Putin kehilangan kendali di dalam Rusia," kata Hodges.

"Setengah juta pria Rusia usia militer meninggalkan Rusia untuk menghindari mobilisasi. Itu memberi tahu Anda bahwa orang-orang Rusia tidak memiliki keinginan untuk pertarungan ini, mereka tidak ingin berada di sana," paparnya.

Hodges telah vokal tentang perang di Ukraina sejak invasi Rusia pada bulan Februari, termasuk mengatakan kepada outlet media Lithuania pada bulan September bahwa dia yakin Ukraina dapat mendorong pasukan Rusia keluar dari Crimea dan wilayah pendudukan lainnya pada pertengahan tahun 2023.

"Setiap kesempatan yang saya miliki untuk mencoba dan menjelaskan bahwa ya, Ukraina akan menang, ya, Rusia akan dikalahkan, dan kita harus terbiasa dengan gagasan bahwa Rusia tidak berhak atas wilayah Ukraina mana pun," imbuh dia.

Para pemimpin Barat terus-menerus mengutuk ancaman senjata nuklir Putin dalam perangnya dengan Ukraina, termasuk Presiden Joe Biden yang mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa bahwa penggunaan senjata nuklir taktis akan menjadi kesalahan serius oleh Rusia.

Ketegangan antara Kremlin dan Barat semakin meningkat pada hari Rabu setelah Duta Besar Rusia untuk AS Anatoly Antonov mencatat bahwa setiap partisipasi militer AS dalam perang melawan Rusia akan mengakibatkan konsekuensi bencana.

Komentar Antonov mengikuti laporan dari CBS pekan lalu bahwa pasukan AS yang dikerahkan di dekat perbatasan Ukraina-Rumania mengatakan mereka siap untuk menyeberang sebagai tanggapan atas eskalasi atau serangan terhadap NATO.

Komentar Hodges muncul ketika Putin memantau latihan militer Rusia yang mempraktikkan serangan nuklir pembalasan.

Menteri Pertahanan Sergey Shoigu menggambarkan tujuan latihan itu sebagai menguji kesiapan pasukan ofensif strategis Rusia. "Untuk melakukan serangan nuklir besar-besaran sebagai tanggapan atas serangan nuklir musuh," katanya, seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (27/0/2022).

Menurut Kremlin, pasukan penangkal darat, laut, dan penerbangan mengambil bagian dalam manuver tersebut.

Target yang terletak di Semenanjung Kamchatka di Timur Jauh Rusia dilenyapkan oleh rudal balistik antarbenua Yars, yang ditembakkan dari Kosmodrom Plesetsk di Wilayah Arkhangelsk, dan rudal balistik Sineva, yang diluncurkan dari Laut Barents.

Pesawat pengebom strategis Tu-95 juga ambil bagian dalam latihan tersebut.

Presiden Putin memerintahkan tingkat kesiapan pasukan nuklir strategis Rusia untuk ditingkatkan pada akhir Februari, beberapa hari setelah Moskow meluncurkan operasi militernya di Ukraina.

Dalam beberapa pekan terakhir, AS dan beberapa kekuatan Barat lainnya telah mengeklaim bahwa Moskow berencana untuk melakukan serangan nuklir taktis di Ukraina—yang dibantah keras oleh Kremlin.

Sebaliknya, Moskow menuduh Ukraina bersiap meledakkan bom kotor untuk menjebak Rusia. Menteri Pertahanan Shoigu menelepon rekan-rekannya menteri pertahanan AS, Inggris, dan beberapa negara lain untuk berbagi keprihatinan Moskow.

Ukraina telah menolak tuduhan itu sebagai hal yang tidak masuk akal.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)