4 Negara Paling Dermawan Versi WGI, Indonesia Nomor Satu

Selasa, 25 Oktober 2022 - 23:19 WIB
loading...
4 Negara Paling Dermawan Versi WGI, Indonesia Nomor Satu
Indonesia menjadi negara paling dermawan di dunia versi WGI 2021. Foto/cafonline.org
A A A
JAKARTA - Ada empat negara paling dermawan di dunia menurut World Giving Index (WGI) 2021 yang dirilis oleh Chariities Aid Foundation (CAF). Indonesia berada di peringkat pertama.

Mengutip laman filantropi.or.id, WGI adalah laporan tahunan yang diterbitkan oleh Charities Aid Foundation, menggunakan data yang dikumpulkan oleh Gallup, dan memeringkat lebih dari 140 negara di seluruh dunia berdasarkan seberapa murah hati mereka.

Dalam laporan WGI 2021, Indonesia menempati peringkat teratas dari 3 kategori atau indikator, yaitu membantu orang asing, menyumbangkan uang, dan waktu sukarela.

Berikut 4 negara paling dermawan menurut WGI 2021:

1. Indonesia

WGI 2021 menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara paling dermawan di dunia. Indonesia menduduki peringkat pertama dengan skor 59%.

Zakat menjadi faktor utama mengapa negara ini yang paling dermawan. Bahkan pandemi dan dampak ekonominya tidak menghalangi masyarakat Indonesia untuk memberi, tetapi telah meningkatkan solidaritas.

2. Kenya

Kenya menjadi negara paling dermawan di benua Afrika menurut WGI 2021. Skornya 58%.

Beberapa tradisi lama di negara tersebut dan filosofi ubuntu membuat Kenya—meskipun bukanlah negara yang kaya—memiliki jiwa sosial yang tinggi.

3. Nigeria

Kembali dari negara di benua Afrika, kini ada Nigeria di posisi selanjutnya dengan skor 52%. Hal ini karena banyaknya organisasi nonprofit yang muncul di negara ini saat pandemi.

Filantropi Nigeria menjadi industri yang berkembang karena orang Nigeria yang kaya, miliarder, dan ratusan jutawan, mendirikan yayasan dan menyumbangkan uang dan materi untuk berbagai tujuan.

4. Myanmar

Posisi keempat diduduki oleh negara tetangga Indonesia di Asia Tenggara dengan skor 51%. Negara ini bahkan sering menempati posisi teratas sebagai negara paling dermawan.

Hal ini karena anjuran donasi dan beramal dari ajaran Theravada dari Buddhisme. Bahkan ketika pandemi virus Corona merusak ekonomi negara dan kehidupan sehari-hari mereka, orang-orang Myanmar tetap setia pada sifat mereka, memberikan dukungan yang murah hati untuk perjuangan negara itu melawan penyakit tersebut.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)