Perbandingan Senjata Nuklir Rusia dan NATO, Siapa Lebih Kuat?

Senin, 24 Oktober 2022 - 22:30 WIB
loading...
Perbandingan Senjata Nuklir Rusia dan NATO, Siapa Lebih Kuat?
Perbandingan Senjata Nuklir Rusia dan NATO, Siapa Lebih Kuat?. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Senjata nuklir menjadi momok menakutkan bagi keberlangsungan dunia di masa mendatang. Bukan tanpa alasan, hal ini didasarkan pada daya hancur dari senjata nuklir yang dimiliki oleh beberapa negara, termasuk Rusia dan Amerika Serikat .

Terlebih, menyusul invasi Kremlin ke Ukraina sejak Februari 2022 lalu, Vladimir Putin bahkan pernah menyebut untuk menggunakan nuklir apabila ada negara lain yang mengganggu integritas teritorial negaranya. Lantas, bagaimanakah perbandingan kekuatan senjata nuklir Rusia dengan NATO?



Dikutip dari laman Sky News, Federasi Ilmuwan Amerika menyebut bahwa Rusia memiliki total inventaris hulu ledak nuklir sebanyak 5.977. Adapun besaran ini menjadikannya sebagai yang terbesar di dunia.

Lebih lanjut, The Bulletin of the Atomic mengatakan bahwa persenjataan Rusia ini mencakup sekitar 4.447 hulu ledak dan sekitar 1.588 diantaranya dikerahkan dalam bentuk rudal balistik serta pangkalan pesawat pengebom.

Selain itu, disebut juga ada sekitar 977 hulu ledak strategis bersama 1.912 hulu ledak non-strategis yang disimpan sebagai cadangan.

Akan tetapi, para ahli mengatakan bahwa jumlah pasti yang dimiliki Rusia tidak diketahui secara pasti, mengingat kerahasiaan seputar strategi dan keamanan negara yang cukup ketat.



Melihat salah satu jenisnya, Rusia memiliki rudal balistik antar benua (ICBM) yang diklaim memiliki kemampuan menjangkau kota-kota besar di dunia seperti Washington DC ataupun London.

Pakar Pertahanan Sir Richard Barrons pernah mengatakan bahwa Vladimir Putin sudah mulai menyindir masalah senjata nuklir di tingkat global.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)