Profil Rishi Sunak, Perdana Menteri Inggris Pertama Kulit Berwarna dan Termuda

Senin, 24 Oktober 2022 - 21:25 WIB
loading...
A A A
Dia ditetapkan untuk menjadi Perdana Menteri kulit berwarna pertama di Inggris Raya, serta yang termuda sejak 1812.

Sunak lahir pada 12 Mei 1980 di Southampton dari orang tua Hindu kelahiran Afrika keturunan India Punjabi, bernama Yashvir dan Usha Sunak.

Dia adalah anak sulung dari tiga bersaudara. Ayahnya lahir dan dibesarkan di Koloni dan Protektorat Kenya (sekarang Kenya), sementara ibunya lahir di Tanganyika (yang kemudian menjadi bagian dari Tanzania).

Kakeknya lahir di provinsi Punjab, India Britania, dan bermigrasi dari Afrika Timur bersama keluarga mereka ke Inggris pada 1960-an.

Kakek dari pihak ayah, Ramdas Sunak, berasal dari Gujranwala (sekarang Pakistan) dan pindah ke Nairobi pada tahun 1935 untuk bekerja sebagai juru tulis, di mana dia bergabung dengan istrinya Suhag Rani Sunak dari Delhi pada tahun 1937.

Kakek dari pihak ibu, Raghubir Sain Berry MBE, bekerja di Tanganyika sebagai petugas pajak, dan memiliki perjodohan dengan Sraksha yang lahir di Tanganyika yang berusia 16 tahun, dengan siapa dia memiliki tiga anak, dan keluarganya pindah ke Inggris pada tahun 1966, didanai oleh Sraksha menjual perhiasan pernikahannya.

Di Inggris, Raghubir Berry bergabung dengan Inland Revenue, dan sebagai kolektor, diangkat sebagai Anggota Ordo Kerajaan Inggris (MBE) dalam daftar Penghargaan Ulang Tahun 1988.

Yashvir adalah seorang dokter umum, dan Usha adalah seorang apoteker, yang mengelola apotek lokal.

Sunak bersekolah di Stroud School, sekolah persiapan di Romsey, Hampshire, dan Winchester College, sekolah asrama independen anak laki-laki.

Dia adalah seorang pelayan di rumah makan kari di Southampton selama liburan musim panasnya. Dia membaca Filsafat, Politik dan Ekonomi di Lincoln College, Oxford, lulus pada tahun 2001.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1826 seconds (0.1#10.140)