Profil Rishi Sunak, Perdana Menteri Inggris Pertama Kulit Berwarna dan Termuda

Senin, 24 Oktober 2022 - 21:25 WIB
loading...
A A A
Sunak terpilih menjadi anggota House of Commons untuk Richmond di North Yorkshire pada pemilihan umum 2015, menggantikan William Hague.

Sunak mendukung Brexit dalam referendum 2016 tentang keanggotaan Uni Eropa (UE). Dia diangkat ke pemerintahan kedua Theresa May sebagai Wakil Sekretaris Negara Parlemen untuk Pemerintah Daerah dalam perombakan 2018.

Dia memilih tiga kali mendukung perjanjian Brexit May. Setelah May mengundurkan diri, Sunak mendukung kampanye Boris Johnson menjadi pemimpin Konservatif.

Setelah Johnson terpilih dan diangkat sebagai Perdana Menteri, dia menunjuk Sunak sebagai Kepala Sekretaris Perbendaharaan.

Sunak menggantikan Sajid Javid sebagai Menteri Keuangan setelah mengundurkan diri dalam reshuffle kabinet Februari 2020.

Sebagai menteri, Sunak menonjol dalam respons keuangan pemerintah terhadap pandemi COVID-19 dan dampak ekonominya, termasuk skema Retensi Pekerjaan Virus Corona dan Makan di Luar untuk Membantu.

Dia mengundurkan diri sebagai menteri pada 5 Juli 2022, dengan alasan perbedaan kebijakan ekonominya dengan Johnson dalam surat pengunduran dirinya.

Pengunduran diri Sunak, bersama dengan pengunduran diri Javid sebagai Menteri Kesehatan, menyebabkan pengunduran diri Johnson di tengah krisis pemerintah.

Pada Juli 2022, dia mencalonkan diri dalam pemilihan kepemimpinan Partai Konservatif untuk menggantikan Johnson, dan kehilangan suara pendukung karena Liz Truss.

Setelah pengunduran diri Truss di tengah krisis pemerintah, Sunak memenangkan pemilihan kepemimpinan Partai Konservatif Oktober 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)