Zelensky: Hanya Rusia yang Bisa Gunakan Senjata Nuklir di Eropa

Senin, 24 Oktober 2022 - 06:58 WIB
loading...
Zelensky: Hanya Rusia yang Bisa Gunakan Senjata Nuklir di Eropa
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebut hanya Rusia yang bisa menggunakan senjata nuklir di Eropa. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada Minggu malam bahwa hanya Rusia yang bisa menggunakan senjata nuklir di Eropa.

Komentar Zelensky itu sebagai balasan setelah Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menduga Ukraina sedang bersiap untuk menggunakan "bom kotor" dalam perang saat ini.

"Bom kotor" adalah istilah untuk senjata konvensional yang dicampur dengan bahan nuklir.

"Jika ada yang bisa menggunakan senjata nuklir di bagian Eropa ini—itu hanya bisa dari satu sumber—dan sumber itu adalah sumber yang telah memerintahkan kamerad Shoigu untuk menelepon di sini atau di sana," kata Zelensky dalam pesan video malamnya, seperti dikutip Reuters, Senin (24/10/2022).



Dia mengatakan bahwa "korsel telepon" Shoigu memperjelas masalah: "...Semua orang mengerti sepenuhnya. Mereka mengerti siapa sumber dari semua hal kotor yang bisa dibayangkan dalam perang ini."

Shoigu sebelumnya menduga bahwa Ukraina berencana untuk menggunakan "bom kotor" di wilayahnya sendiri dalam upaya untuk menyalahkan Rusia atas serangan itu.

Media yang dikelola negara Rusia, RIA Novosti, menulis di Telegram pada hari Minggu bahwa tujuan dari provokasi yang direncanakan Kiev adalah untuk menuduh Moskow menggunakan senjata pemusnah massal di teater operasi Ukraina, dan dengan demikian meluncurkan kampanye anti-Rusia yang kuat di dunia untuk merusak kepercayaan di Moskow.

Selain itu, laporan pers Kementerian Luar Negeri Rusia juga menyatakan bahwa Shoigu menyatakan keprihatinannya kepada rekan Prancis-nya tentang kemungkinan provokasi oleh Ukraina dengan penggunaan "bom kotor".

Apa Itu "Bom Kotor"?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)