8 Negara yang Mempelajari Budaya dan Bahasa Indonesia

Senin, 06 Juli 2020 - 17:24 WIB
loading...
A A A
Meskipun Indonesia tidak memiliki hubungan langsung dengan Amerika Serikat di era kolonialisme, namun Amerika meminati studi Bahasa Indonesia. Bahkan, ada banyak universitas yang menawarkan studi tentang Bahasa Indonesia, termasuk linguistik.

Selain itu, sebagian besar studi Indonesia dimasukkan ke dalam studi Asia Tenggara dan biasanya digabung dengan studi Melayu karena berbagi sejarah bahasa dan budaya. Untuk opsi studi Bahasa Indonesia di Amerika, Cornell University, University of Michigan, University of Hawa’i’ Manoa dan Ohio University bisa menjadi pilihan.

4. Australia
8 Negara yang Mempelajari Budaya dan Bahasa Indonesia

Foto/REUTERS

Sebagai negara tetangga Indonesia, studi tentang Indonesia menjadi penting di Australia dari aktivitas kehidupan sehari-hari, perjalanan, bisnis, dan bahkan hubungan politik. Selain itu, banyak pelajar Indonesia juga pindah ke Australia untuk belajar atau bekerja. Karena faktor tersebutlah kemungkinan turut memengaruhi pembelajaran tentang Bahasa Indonesia juga.

Bahkan, ada banyak universitas yang menawarkan studi Bahasa Indonesia, terutama linguistik atau memiliki Pusat Bahasa Indonesia seperti University of Sydney, Monash University, Australian National University, University of Western Australia dan beberapa kampus lain.

5. Jerman
8 Negara yang Mempelajari Budaya dan Bahasa Indonesia

Foto/REUTERS

Jerman juga memiliki minat khusus pada studi Bahasa Indonesia meskipun negara Eropa ini tidak pernah memerintah Indonesia di masa lalu. Salah satu Pusat Bahasa Indonesia yang bisa ditemukan di negara ini adalah di Hamburg.

6. Asia Timur (China, Jepang dan Korea Selatan)
8 Negara yang Mempelajari Budaya dan Bahasa Indonesia

Foto/REUTERS

Selain pendidikan formal seperti di Tokyo University of Foreign Studies dan Hankuk University of Foreign Studies, Bahasa Indonesia cukup penting untuk dipelajari karena hubungan bisnis dengan Indonesia.

Indonesia tercatat sebagai salah satu pasar barang impor terbesar, terutama dari ketiga negara tersebut. Produk makanan, teknologi, otomotif dan produk perawatan kulit dari ketiga negara itu telah membanjiri Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)