8 Negara yang Mempelajari Budaya dan Bahasa Indonesia

Senin, 06 Juli 2020 - 17:24 WIB
loading...
8 Negara yang Mempelajari Budaya dan Bahasa Indonesia
Persiapan konser gamelan di Vancouver. Foto/KJRI Vancouver
A A A
JAKARTA - Indonesia tercatat sebagai negara terbesar keempat dan juga negara terpadat keempat di dunia. Dengan sejarah pernah jadi koloni atau jajahan negara lain, berbagai aspek tentang Indonesia banyak dipelajari negara lain, termasuk bahasa nasional dan budayanya.

Menyambut ulang tahun ke-8, SINDOnews.com merangkum daftar delapan negara yang mempelajari Bahasa Indonesia dan budaya lokalnya. Daftar ini mengutip laman masteringbahasa.com yang artikel aslinya menyuguhkan daftar 11 negara yang mempelajari budaya Indonesia, termasuk Bahasa Indonesia. (Baca: 8 Jet Tempur Generasi ke-5 Paling Canggih di Dunia )

Berikut rangkuman delapan negara yang mempelajari budaya dan bahasa Indonesia:

1. Belanda
8 Negara yang Mempelajari Budaya dan Bahasa Indonesia

Foto/REUTERS

Belanda dan Indonesia terikat sejarah panjang karena kerajaan di Eropa itu merupakan penjajah terlama negara mayoritas Muslim ini. Studi Bahasa Indonesia, bahasa lokal berbagai daerah, budaya, masyarakat, seni dan sebagainya telah dimulai sejak era kolonialisme. Tak mengherankan jika ada banyak kosakata dalam Bahasa Indonesia berasal dari Belanda.

Kerajaan di Eropa tersebut juga merupakan tujuan utama pelajar Indonesia untuk belajar di luar negeri. Salah satu survei menyebutkan bahwa setidaknya 1 dari 10 orang Belanda memiliki hubungan dengan Indonesia, baik istri atau kakek buyut mereka atau bahkan memiliki pengalaman kata-kata di Indonesia.

Hubungan itulah yang membuat mereka setidaknya mengerti dasar Bahasa Indonesia. Selanjutnya, studi formal tentang Indonesia dapat ditemukan di Universitas Leiden karena mereka memiliki jurusan khusus tentang Bahasa Indonesia, termasuk bahasa Jawa.

2. Inggris
8 Negara yang Mempelajari Budaya dan Bahasa Indonesia

Foto/REUTERS

Inggris juga memerintah Indonesia pada tahun 1811-1816. Negara kerajaan yang juga berada di Eropa ini memiliki minat khusus pada Studi Bahasa Indonesia, bahkan mereka memiliki British Library of Malay and Indonesian Manuscripts. Jika ingin belajar lebih banyak tentang Bahasa Indonesia di Inggris, maka bisa studi di SOAS (School of Oriental and African Studies), Universitas London.

3. Amerika Serikat
8 Negara yang Mempelajari Budaya dan Bahasa Indonesia

Foto/REUTERS
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)