Jong-un Kirim Ucapan Selamat pada Xi Jinping, Berharap Hubungan yang Lebih Indah

Minggu, 23 Oktober 2022 - 21:30 WIB
loading...
Jong-un Kirim Ucapan Selamat pada Xi Jinping, Berharap Hubungan yang Lebih Indah
Jong-un Kirim Ucapan Selamat pada Xi Jinping, Berharap Hubungan yang Lebih Indah. FOTO/Reuters
A A A
SEOUL - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengirim surat ucapan selamat kepada Xi Jinping atas terpilihnya kembali sebagai pemimpin China. Jong-un berharap untuk lebih mengembangkan hubungan mereka, kantor berita negara KCNA, Minggu (23/10/2022).

"Kongres CPC (Partai Komunis Tiongkok) ke-20 menawarkan tonggak penting bagi partai dan rakyat Tiongkok dalam mendorong proses bersejarah kemakmuran besar bangsa Tiongkok di bawah panji gagasan sosialis dengan karakteristik Tiongkok di era baru," kata Jong-un dalam surat itu, seperti dikutip dari Reuters.



"Saya, bersama dengan Anda, akan membentuk masa depan yang lebih indah dari hubungan DPRK-China yang memenuhi tuntutan zaman dan memimpin upaya untuk mewujudkannya sehingga dapat terus mendorong tujuan sosialis di kedua negara dengan kuat," lanjut Jong-un.

DPRK adalah singkatan dari Republik Rakyat Demokratik Korea, nama resmi Korut. Hubungan kedua negara selama ini sangat erat di berbagai bidang, termasuk militer. Sebuah hubungan yang membuat Barat ketar-ketir.

Setelah mengamankan masa jabatan ketiga yang bersejarah sebagai pemimpin China pada Minggu (23/10/2022), Xi mempromosikan beberapa sekutu terdekat di Partai Komunis untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin negara yang paling kuat sejak Mao Zedong.



“Dunia membutuhkan China,” kata Jinping saat berbicara kepada pers setelah mengamankan masa jabatan ketiga yang bersejarah sebagai pemimpin, seperti dikutip dari AFP. “China tidak dapat berkembang tanpa dunia, dan dunia juga membutuhkan China,” lanjutnya.

“Setelah lebih dari 40 tahun upaya tanpa henti menuju reformasi dan keterbukaan, kami telah menciptakan dua keajaiban – perkembangan ekonomi yang cepat dan stabilitas sosial jangka panjang,” urai Jinping.

Dia berjanji untuk bekerja dengan tekun dalam pelaksanaan tugasnya untuk membuktikan layak mendapat kepercayaan besar dari partai. Xi juga diangkat kembali sebagai kepala Komisi Militer Pusat China.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)