May the Force be With You, 'Luke Skywalker' Kirim 500 Drone ke Ukraina

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 13:52 WIB
loading...
May the Force be With You, Luke Skywalker Kirim 500 Drone ke Ukraina
Aktor pemeran Luke Skywalker dalam Star Wars, Mark Hamill (insert), mengirimkan lebih dari 500 drone ke Ukraina. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Aktor Mark Hamill, pemeran karakter Luke Skywalker dalam serial film fiksi ilmiah Star Wars yang ikonik, mengungkapkan dia mengirim lebih dari 500 drone ke Ukraina. Itu dilakukannya melalui platform penggalangan dana United24 pada bulan lalu.

Dalam sebuah wawancara dengan Radio Bloomberg, Hamill bersikeras bahwa Ukraina membutuhkan senjata tersebut.

“Sangat sederhana: Ukraina membutuhkan drone. Drone menentukan hasil perang, mereka melindungi tanah mereka, rakyat mereka, mereka memantau perbatasan, mereka menatap langit,” kata Hamill kepada pembawa acara Joe Mathieu seperti dilansir dari Russia Today, Jumat (21/10/2022).



Ia menambahkan bahwa platform penggalangan dana mengiriminya beberapa pembaruan setiap minggu tentang kemajuan mereka mendapatkan pesawat tak berawak.

Hamill ditunjuk sebagai duta besar untuk proyek Army of Drones United24 bulan lalu. Proyek ini adalah salah satu dari beberapa inisiatif penggalangan dana drone yang telah dilakukan Ukraina untuk meningkatkan persenjataan udara mereka.

Proyek lain, diluncurkan awal bulan ini, penggalangan dana yang mencapai USD9,6 juta atau sekitar Rp149,5 miliar hanya dalam 24 jam untuk membeli drone kamikaze. Sementara itu, Amerika Serikat (AS) telah menjanjikan lebih dari USD27 miliar bantuan militer saja ke Ukraina sejak awal 2022.



Presiden Ukraina Vladimir Zelensky tampaknya menjadi penggemar Star Wars, merujuk film tersebut selama banding untuk investasi teknologi pada bulan Juni di mana ia muncul melalui hologram, mengenakan variasi bertema Star Wars pada kaus hijau zaitunnya yang biasa.

Hamill bukan satu-satunya aktor Hollywood yang meminjamkan status selebritinya untuk perjuangan Ukraina. Dari Benedict Cumberbatch yang berjanji untuk menampung pengungsi hingga pertemuan Sean Penn dengan Zelensky.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)