AS Sebut Pasukan Iran 'Turun Gelanggang' Bantu Rusia di Ukraina

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 08:28 WIB
loading...
A A A
Pemerintahan Biden merilis rincian lebih lanjut tentang keterlibatan Iran dalam membantu perang Rusia di Ukraina pada saat yang sensitif. Pemerintah AS telah memberlakukan sanksi baru terhadap Iran atas tindakan keras Teheran terhadap protes anti-pemerintah dalam beberapa pekan terakhir yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini (22) yang meninggal dalam tahanan keamanan Iran.



Ini terjadi ketika pemerintah AS mencoba untuk membuat Iran kembali mematuhi kesepakatan nuklir yang ditengahi oleh pemerintahan Obama dan dibatalkan oleh pemerintahan Trump.

Tetapi Kirby mengatakan bahwa pemerintah AS memiliki sedikit harapan untuk segera menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran itu.

"Kami tidak fokus pada diplomasi saat ini," kata Kirby.

"Apa yang kami fokuskan adalah memastikan bahwa kami meminta pertanggungjawaban rezim (Iran) atas cara mereka memperlakukan pengunjuk rasa damai di negara mereka dan mendukung para pengunjuk rasa itu," terangnya.

Gedung Putih berbicara tentang bantuan Iran ke Rusia ketika Inggris pada hari Kamis mengumumkan sanksi baru terhadap pejabat dan bisnis Iran ketika Rusia menggunakan pesawat tak berawak untuk membombardir infrastruktur sipil. Termasuk Shahed Aviation Industries, produsen drone Iran yang digunakan oleh Rusia.



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)