Liz Truss Mundur, Tagar #bringbackboris Menggema

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 07:55 WIB
loading...
Liz Truss Mundur, Tagar #bringbackboris Menggema
Mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menjadi kandidat untuk menggantikan Liz Truss yang mengundurkan diri. Foto/conservativepost.co.uk
A A A
LONDON - Liz Truss mengumumkan pengunduran diri sebagai perdana menteri Inggris pada Kamis kemarin atau atau hanya enam minggu setelah menjabat. Truss pun akan tercatat dalam sejarah sebagai perdana menteri Inggris dengan masa jabatan terpendek.

Pengunduran diri Truss kembali memicu kontestasi untuk kursi perdana menteri Inggris kedua dalam empat bulan di Partai Konservatif yang terpecah dan demoralisasi. Partai yang memegang kursi mayoritas di parlemen itu berjanji untuk memilih pemimpin baru pada Jumat depan.

Graham Brady, seorang anggota parlemen senior Konservatif yang mengawasi tantangan kepemimpinan partai, mengatakan setiap kandidat harus mendapatkan 100 nominasi dari legislator untuk mencalonkan diri.

Kontes tersebut kemungkinan akan mengadu mantan menteri keuangan Rishi Sunak melawan Penny Mordaunt, mantan menteri pertahanan. Tapi itu juga bisa melihat kembalinya mantan perdana menteri Boris Johnson yang digulingkan pada Juli lalu seiring kemunculan tagar #bringbackboris.

Berikut adalah kandidat utama yang berpotensi menjadi perdana menteri Inggris seperti dilansir dari France 24, Jumat (21/10/2022).



1. Rishi Sunak

Mantan menteri keuangan Inggris ini adalah kandidat paling populer di antara anggota parlemen Konservatif di Westminster dalam kontes kepemimpinan awal tahun ini.

Namun setelah lolos ke putaran kedua melawan Truss, ia kalah dalam pemungutan suara yang melibatkan sekitar 170.000 anggota partai yang membuat keputusan akhir.

Sunak (42) telah memperingatkan bahwa rencana Truss untuk mendanai proposal melalui pinjaman tambahan adalah sembrono dan dapat memperburuk inflasi yang tinggi selama beberapa dekade serta kepercayaan pasar di Inggris.

Sekarang setelah dia terbukti benar, Sunak dipasang oleh bandar taruhan sebagai favorit awal setelah pengumuman diri Truss yang dramatis.

Namun ia juga dipandang sebagai sosok yang memecah belah. Banyak anggota yang marah ketika Sunak mundur dari pemerintahan pada bulan Juli, membantu memicu pemberontakan yang akhirnya menjatuhkan Johnson.

The Telegraph melaporkan pada hari Kamis bahwa Sunak "pasti" maju dalam kontes kepemimpinan.

2. Penny Mordaunt

Seorang mantan menteri pertahanan, Mordaunt (49) adalah favorit awal di akar rumput untuk menggantikan Johnson pada musim panas lalu.

Seorang pendukung yang begitu bersemangat mendorong Inggris meninggalkan Uni Eropa, Mordaunt mendapat pujian atas penampilannya di parlemen pada hari Senin, ketika dia membela pemerintah bahkan ketika itu membalikkan sebagian besar kebijakannya.

Seorang anggota parlemen menggambarkan Mordaunt memiliki "daya tarik yang luas", mengacu pada kemampuannya untuk menemukan teman di berbagai suku partai.



3. Boris Johnson

Johnson, seorang mantan jurnalis, telah membayangi politik Inggris sejak ia menjadi Wali Kota London pada 2008. Setelah menyebabkan masalah bagi para pemimpin seperti David Cameron dan Theresa May, ia akhirnya menjadi perdana menteri pada 2019 dan kemudian memenangkan pemilihan umum dengan kemenangan telak.

Johnson adalah wajah pemungutan suara Brexit dan memenangkan suara di beberapa bagian negara yang belum pernah memilih Partai Konservatif sebelumnya. Tapi dia dipaksa keluar oleh serangkaian skandal.

Dia dianggap mendukung Truss dalam kontes kepemimpinan musim panas lalu - meskipun mantan ajudannya yang berubah menjadi kritikus Dominic Cummings berpendapat bahwa ini karena dia mengharapkan masa jabatannya menjadi bencana dan berumur pendek, sehingga membuka jalan baginya kembali.

Beberapa orang terdekatnya mengatakan saat ini dia lebih tertarik mencari uang di sirkuit pidato daripada kembali ke politik garis depan. Tetapi The Times melaporkan bahwa Johnson diperkirakan akan maju dalam kontes kepemimpinan Partai Konservatif.

"Saya harap Anda menikmati liburan Anda bos. Saatnya untuk kembali," kata seorang anggota parlemen Konservatif, James Duddridge, di Twitter.

"Beberapa masalah di kantor yang perlu ditangani. #bringbackboris," sambungnya.

4. Ben Wallace

Menteri pertahanan Inggris ini adalah salah satu dari sedikit menteri yang muncul dari kekacauan politik baru-baru ini dengan kredibilitasnya yang meningkat. Wallace, seorang mantan tentara, adalah menteri pertahanan untuk Johnson dan Truss, memimpin respons Inggris terhadap invasi Rusia ke Ukraina.

Populer di kalangan anggota partai, dia mengejutkan banyak orang awal tahun ini ketika mengatakan dia tidak akan mencalonkan diri sebagai pemimpin, mengatakan ingin fokus pada pekerjaannya saat ini.

Minggu ini kepada surat kabar The Times, dia mengatakan bahwa dia masih ingin tetap sebagai menteri pertahanan.

Tetapi ditanya pada konferensi Partai Konservatif baru-baru ini apakah dia akan mempertimbangkan untuk mencalonkan diri sebagai PM, pria berusia 52 tahun itu mengatakan: "Saya tidak mengesampingkannya."



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1910 seconds (0.1#10.140)