Pejabat Taipei: Xi Jinping Akan Jadi Pendosa bagi Seluruh Orang China Jika Serang Taiwan

Kamis, 20 Oktober 2022 - 17:04 WIB
loading...
Pejabat Taipei: Xi Jinping Akan Jadi Pendosa bagi Seluruh Orang China Jika Serang Taiwan
Pejabat Taipei sebut Presiden Xi Jinping akan menjadi pendosa bagi seluruh orang China jika dia menyerang Taiwan. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Presiden China Xi Jinping akan menjadi pendosa bagi seluruh orang China jika dia menyerang Taiwan.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Keamanan Nasional Taiwan Chen Ming-tong. Menurutnya, Xi Jinping juga tidak akan memenangkan perang karena dia akan menghadapi sanksi internasional dan isolasi diplomatik.

China telah meningkatkan tekanan militer dan politik terhadap Taiwan karena berusaha untuk menegaskan klaim kedaulatannya atas pulau tersebut. Namun, tekanan itu ditolak keras oleh pemerintah di Taipei.

Taiwan telah memerintah sendiri secara demokratis selama bertahun-tahun, namun Beijing menganggap pulau itu bagian dari China.



Ketika membuka kongres Partai Komunis China pada hari Minggu, Presiden Xi Jinping mengatakan terserah kepada rakyat China untuk menyelesaikan masalah Taiwan dan bahwa China tidak akan pernah melepaskan hak untuk menggunakan kekuatan meski masih berusaha untuk resolusi damai.

Berbicara kepada wartawan di sela-sela sesi Parlemen, Chen mengatakan Xi Jinping akan menghadapi bencana jika dia menindaklanjuti ancamannya untuk menyerang Taiwan.

“Tidak ada kemungkinan menang dalam menggunakan kekuatan untuk menyerang Taiwan,” kata Chen.

China, lanjut dia, akan menghadapi sanksi internasional dan isolasi diplomatik karena melakukannya.

“Xi akan kehilangan apa yang disebut peremajaan besar orang-orang China, dan menjadi orang berdosa bagi orang-orang China,” kata Chen, menggunakan istilah yang merujuk pada mereka yang beretnis Tionghoa daripada berkebangsaan China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1615 seconds (0.1#10.140)