Kebakaran Jakarta Islamic Center Jadi Pemberitaan Media Asing

Kamis, 20 Oktober 2022 - 01:27 WIB
loading...
Kebakaran Jakarta Islamic Center Jadi Pemberitaan Media Asing
Kebakaran Jakarta Islamic Center turut menjadi pemberitaan media asing. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Peristiwa terbakarnya Jakarta Islamic Center di Jalan Kramat Jaya Raya, Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, pada Rabu (19/10/2022) turut diberitakan oleh media asing.

Adalah media Rusia, Russia Today, yang memberitakan kebakaran hebat masjid yang dibangun di bekas lokasi lokalisasi Kramat Tunggak itu. Kebakaran menyebabkan atap kubah masjid Jakarta Islamic Center roboh.

'Massive Mosque Collapses in Flames' adalah judul pemberitaan Russia Today yang diartikan secara bebas menjadi Masjid Besar Ambruk Dilalap Api.



"Masjid Islamic Center Jakarta di Indonesia terbakar selama pekerjaan renovasi pada hari Rabu. Rekaman dramatis menangkap saat kubah bangunan runtuh," tulis Russia Today yang dipantau pada Kamis (20/10/2022).

Dalam pemberitaannya, Russia Today juga mengutip laporan CNN Indonesia yang melaporkan petugas pemadam kebakaran menerjunkan setidaknya sepuluh mobil pemadam kebakaran dikirim ke tempat kejadian.

"Rekaman video menunjukkan api dan asap menyembur dari kubah masjid sesaat sebelum runtuh," tulis Russia Today.



Russia Today juga menukil laporan Jakarta Globe yang mewartakan tidak ada korban luka dalam kebarakan tersebut.

Dalam laporannya Russia Today juga melaporkan bahwa kebakaran juga sempat melahap kubah masjid saat renovasi 20 tahun lalu atau tepatnya pada Oktober 2002 dan membutuhkan waktu lima jam untuk dipadamkan.

Jakarta Islamic Centre (JIC) dulunya kawasan lokalisasi Kramat Tunggak. JIC menempati lahan bekas lokalisasi terbesar di Jakarta. Gubernur DKI Jakarta saat itu Sutiyoso memiliki ide lain untuk menutup lokalisasi tersebut yakni membangun Jakarta Islamic Centre. Ini sesuai dengan desakan ulama dan masyarakat agar menutup lokalisasi Kramat Tunggak.

Tidak hanya sebagai tempat ibadah, Jakarta Islamic Centre menjadi salah satu pusat peradaban Islam di Indonesia dan Asia Tenggara yang menjadi simbol kebangkitan Islam.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)