Sempat Dilaporkan Hilang, Pemanjat Tebing Iran Disambut Bak Pahlawan Tiba di Teheran

Rabu, 19 Oktober 2022 - 23:58 WIB
loading...
Sempat Dilaporkan Hilang, Pemanjat Tebing Iran Disambut Bak Pahlawan Tiba di Teheran
Sempat dilaporkan hilang, atlet pemanjat tebing Iran Elnaz Rekabi tiba di Teheran dan disambut bak pahlawan. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
TEHERAN - Seorang pemanjat tebing wanita Iran, yang tidak mengenakan jilbab saat bertanding di Korea Selatan, telah kembali ke Iran. Kepulangannya itu di tengah kekhawatiran kelompok-kelompok Iran yang berbasis di luar negeri memperingatkan nasibnya di Tanah Air.

Elnaz Rekabi (33) berkompetisi tanpa jilbab selama Kejuaraan Asia Federasi Olahraga Panjat Tebing Internasional di Seoul pada hari Minggu. Video dirinya mengenakan ikat kepala dengan rambut dikuncir kuda saat bertanding tersebar di media sosial.

Media pemerintah Iran, IRNA, melaporkan Rekabi tiba di Teheran pada Rabu (19/10/2022) pagi. Video yang diposting ke media sosial menunjukkan dia tiba di Bandara Internasional Imam Khomeini Teheran. Dia juga terlihat berbicara kepada media.

Banyak video yang diposting di media sosial tampak menunjukkan kerumunan orang berkumpul baik di dalam maupun di luar bandara, meneriakkan "Elnaz sang pahlawan."

Tidak jelas apakah Rekabi sedang ditahan atau apakah dia akan menghadapi konsekuensi tidak mengenakan jilbab.

Kembalinya Rekabi ke Iran terjadi di tengah aksi protes nasional di negara itu yang menyerukan kebebasan lebih banyak bagi perempuan. Itu menyusul kematian seorang wanita berusia 22 tahun yang meninggal dalam tahanan polisi setelah ditangkap karena diduga mengenakan jilbabnya secara tidak benar.

Dalam sebuah cerita yang diposting di halaman Instagram Rekabi pada hari Selasa, atlet tersebut mengatakan bahwa dia dipanggil untuk memanjat tembok “secara tidak terduga” yang “secara tidak sengaja” membuat masalah dengan penutup rambutnya.

“Karena waktu yang tidak tepat dan tiba-tiba dipanggil untuk memanjat tembok, saya secara tidak sengaja membuat masalah dengan penutup kepala saya,” tulisnya.



“Meminta maaf atas kekhawatiran yang saya timbulkan…saat ini, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan saya kembali ke Iran bersama tim,” tulisnya di IG story seperti dikutip dari CNN.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2070 seconds (0.1#10.140)