3 Rudal Hipersonik Rusia yang Memiliki Kemampuan Mengerikan, Nomor 2 Digunakan di Ukraina

Rabu, 19 Oktober 2022 - 17:39 WIB
loading...
3 Rudal Hipersonik Rusia yang Memiliki Kemampuan Mengerikan, Nomor 2 Digunakan di Ukraina
Rudal Kh-47M2 Kinzhal dipasang di pesawat tempur Rusia. Foto/the diplomat
A A A
MOSKOW - Rusia dikenal sebagai salah satu negara dengan kekuatan militer yang mumpuni. Tak hanya memiliki tentara yang kompeten, mereka juga memiliki segudang peralatan militer canggih dengan kemampuan menakjubkan.

Dari sekian banyak, salah satu yang cukup menarik perhatian adalah senjata hipersonik dengan dua jenis utama, yakni kendaraan luncur hipersonik dan rudal jelajah hipersonik.

Berikut beberapa rudal hipersonik Rusia yang memiliki kemampuan mengerikan.

1. Zircon

3M22 Tsirkon atau biasa disebut Zircon ini memiliki nama pelaporan NATO SS-N-33. Dikutip dari laman Eurasian Times, Zircon merupakan rudal hipersonik bertenaga scramjet yang disebut mampu mencapai kecepatan Mach 9 dan terbang di ketinggian 30-40 km.

3 Rudal Hipersonik Rusia yang Memiliki Kemampuan Mengerikan, Nomor 2 Digunakan di Ukraina


Dalam penggunaannya, rudal ini akan ditembakan dari peluncur vertikal universal 3S-14 di kapal perang atau kapal selam. Pada daya hancurnya, Zircon dipersenjatai dengan hulu ledak konvensional dan nuklir.

Dalam riwayatnya, Tsirkon pertama kali diuji pada Januari 2020 dari fregat Admiral Gorshkov. Rencananya, rudal hipersonik ini mulai digunakan Angkatan Laut Rusia pada tahun 2022 ini.

2. Kinzhal

Kh-47M2 Kinzhal merupakan salah satu rudal hipersonik yang dimiliki Rusia. Dikutip dari laman National Interest, rudal berkemampuan nuklir yang diluncurkan dari udara ini disebut memiliki jangkauan lebih dari 3.000 km.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0854 seconds (0.1#10.140)