Arab Saudi Resmi Ajukan Keanggotaan BRICS, AS Makin Emosi

Rabu, 19 Oktober 2022 - 16:17 WIB
loading...
Arab Saudi Resmi Ajukan Keanggotaan BRICS, AS Makin Emosi
Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa bertemu Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman di Jeddah. Foto/Saudi gazette
A A A
RIYADH - Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa menyatakan Arab Saudi benar-benar ingin bergabung dengan aliansi BRICS.

Bergabungnya Arab Saudi menandakan potensi ekspansi dramatis dari blok tersebut di tengah meningkatnya ketegangan dengan Amerika Serikat (AS) atas krisis Rusia-Ukraina.



Ramaphosa mengatakan kepada wartawan tentang langkah Saudi mengajukan keanggotaan BRICS, saat dia mengakhiri kunjungan kenegaraannya selama dua hari ke kerajaan itu pada Minggu.

Perjalanan itu termasuk pertemuan dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) dan para pemimpin Saudi lainnya.

"Putra mahkota memang mengungkapkan keinginan Arab Saudi untuk menjadi bagian dari BRICS, dan mereka bukan satu-satunya negara," tutur Ramaphosa.



Kelompok itu, yang dinamai berdasarkan negara-negara anggota Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan, dijadwalkan bertemu tahun depan di Johannesburg untuk pertemuan puncak tahunannya.

Prospek ekspansi kemungkinan akan menjadi agenda utama, karena blok tersebut diperkirakan akan mempertimbangkan menambahkan negara-negara seperti Arab Saudi, Turki, Mesir dan Aljazair.

“Negara-negara BRICS akan bertemu dalam pertemuan puncak tahun depan di bawah kepemimpinan Afrika Selatan, dan masalah ini akan dipertimbangkan,” ungkap Ramaphosa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)