Mantan Kanselir Austria: Kejar Solusi Damai, Kalah Bukanlah Pilihan bagi Putin

Senin, 17 Oktober 2022 - 15:11 WIB
loading...
Mantan Kanselir Austria: Kejar Solusi Damai, Kalah Bukanlah Pilihan bagi Putin
Mantan Kanselir Austria Sebastian Kurz. Foto/REUTERS
A A A
WINA - Mantan Kanselir Austria Sebastian Kurz mengatakan para pemimpin Uni Eropa (UE) harus mengejar “solusi damai” untuk konflik di Ukraina, karena “kalah bukanlah pilihan” bagi Rusia.

Pernyataan itu diungkapkannya pada surat kabar Jerman Bild am Sontag.

“Semua orang berhak menginginkan kemenangan untuk Ukraina, tapi kalah bukanlah pilihan bagi (Presiden Rusia Vladimir) Putin,” ujar dia.

Baca juga: Jepang Ingin Kerahkan Drone Kamikaze untuk Cegah Invasi

Kurz, yang mengundurkan diri tahun lalu di tengah tuduhan korupsi yang dia tegaskan bermotif politik, berpendapat, “Dalam menghadapi ancaman nuklir, UE harus terus maju dengan jalur negosiasi.”

"Saat ini, yang paling penting adalah mengakhiri pertumpahan darah dan mencapai solusi damai di meja perundingan untuk mencegah eskalasi total di benua kita," papar dia.

Kurz bukan satu-satunya tokoh publik yang menyebut "ancaman nuklir" Rusia. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memperingatkan awal bulan ini tentang "ancaman langsung armagedon nuklir” dari Rusia.

Adapun Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengancam Rusia dengan "konsekuensi yang mengerikan" jika menggunakan senjata atom di Ukraina.

Ketika Presiden Ukraina Vladimir Zelensky menyerukan serangan pendahuluan ke Rusia, kepala diplomat Uni Eropa Josep Borrell menyatakan pada Kamis bahwa pasukan Moskow akan "dimusnahkan" jika Rusia menyerang lebih dulu.

Putin tidak mengancam Ukraina dengan serangan nuklir, dan dalam pernyataan publiknya telah menegaskan doktrin nuklir Rusia: bahwa Rusia akan mempertahankan diri dengan “semua cara yang tersedia” jika keberadaan Federasi Rusia terancam.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1947 seconds (11.210#12.26)