Profil Bandara Antonov, Tempat Pesawat Terbesar Ukraina yang Dihancurkan Rusia

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 16:05 WIB
loading...
Profil Bandara Antonov, Tempat Pesawat Terbesar Ukraina yang Dihancurkan Rusia
Profil Bandara Antonov, Tempat Pesawat Terbesar Ukraina yang Dihancurkan Rusia. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Bandara Antonov yang merupakan tempat mendarat nya pesawat terbesar Ukraina Antonov An 225 Mriya telah dihancurkan dalam serangan Rusia ke Ukraina pada Februari 2022 lalu.

Dilansir dari csis.org, Pasukan Rusia telah menargetkan beberapa bandara dan pangkalan udara di seluruh Ukraina, termasuk Bandara Internasional Antonov. Bandara ini diserang Rusia pada 24 Februari.



Pesawat An-225 dilaporkan sedang menjalani perawatan ketika diserang. Dalam citra satelit hanya nampak ekor pesawat yang terlihat. Tempat tersebut sangatlah memperlihatkan kerusakan yang parah setelah terjadinya serangan.

Selain dalam citra satelit, pada malam hari tanggal 31 Maret pengguna Youtube BABYLON'13 memposting rekaman drone yang menunjukkan apa yang tampak seperti Bandara Antonov.

Menurut washingtonpost.com, serangan Rusia terhadap bandara ini dilakukan oleh Rusia setelah gagal dalam merebut Ibu Kota Ukraina.

Pesawat Antonov AN-225 atau juga disebut Mriya ini juga turut hancur dalam serangan tersebut. Padahal pesawat ini telah telah menetapkan dirinya sebagai pesawat terbesar menurut beratnya dalam Guinness world record.



Bandara Antonov atau Hostomel telah dibangun pada tahun 1959. Sementara beroperasinya bandara ini dimulai pada tahun 1989.
Melansir dari centreforaviation.com, Bandara Antonov terletak di barat laut Kota Kiev, berada di kota Gostomel, Ukraina. Bandara ini beroperasi sebagai fasilitas penerbangan uji dan pengangkutan kargo untuk pasar lokal dan internasional.

Bandara Antonov dimiliki oleh perusahaan manufaktur pesawat Antonov dan dioperasikan oleh anak perusahaannya Antonov Airlines. Pesawat angkut terbesar di dunia, AN-225 dan AN-124.

Pada awalnya bandara ini diberi nama Bandara Gostomel/Hostomel namun karena nama dari Antonov lebih terkenal bandara ini mulai mengusung nama Bandara Antonov.

Pesawat terbesar milik Ukraina Antonov AN-225 sendiri memiliki berat sekitar 705 ton dan dengan lebar sayap 290 kaki. Sayangnya bandara bersejarah tersebut harus hancur sekarang.

Sumber:
https://www.csis.org/analysis/glimpse-worlds-largest-aircraft-destroyed-amid-russian-invasion-ukraine
https://centreforaviation.com/data/profiles/airports/gostomel-antonov-airport-gml
https://www.aerotime.aero/articles/30653-russian-forces-retreat-from-antonov-airport
https://www.washingtonpost.com/world/2022/04/03/ukraine-airplane-antonov-hostomel-kyiv-war/
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0983 seconds (0.1#10.140)