Ukraina: Senjata Makan Tuan, Rudal Moskow Hantam Apartemen Rusia

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 08:30 WIB
loading...
Ukraina: Senjata Makan Tuan, Rudal Moskow Hantam Apartemen Rusia
Bangunan apartemen di Belgorod, Rusia, rusak dihantam rudal. Versi Rusia pelakunya adalah militer Ukraina, namun versi Kiev rudal Moskow yang yang menghantamnya. Foto/REUTERS
A A A
BELGOROD - Sebuah rudal Moskow yang ditujukan ke kota Kharkiv, Ukraina , gagal pada Kamis, dan malah menghantam sebuah bangunan apartemen di kota Belgorod, Rusia .

Insiden "senjata makan tuan" ini diungkap Kepala Penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Mikhail Podolyan, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (14/10/2022).

Sementara itu, kantor berita Rusia; TASS, menulis kontra-narasi dengan melaporkan bahwa bangunan itu rusak sebagai akibat dari penembakan Ukraina.



Podolyan mengonfirmasi kegagalan serangan rudal Rusia dalam sebuah pernyataan di Twitter.

"Rusia ingin menyerang Kharkiv dengan rudal, tetapi ada yang tidak beres. Rudal itu menghantam sebuah bangunan perumahan di Belgorod, Rusia. Anda pikir akan ada penyelidikan, bahwa yang bersalah akan dihukum? Tidak, [Presiden Rusia Vladimir] Putin tidak peduli siapa yang dia bunuh: Ukraina atau Rusia," bunyi pernyataan Podolyan.

"Para propagandis akan cepat menciptakan penjelasan palsu," imbuh Podolyan.

Beberapa video telah dibagikan di Twitter di mana sebuah rudal terlihat menyerang sebuah gedung di dekat titik peluncurannya, meskipun validitas video tersebut belum bisa dikonfirmasi.

Gubernur wilayah setempat, Vyacheslav Gladkov, menyatakan bahwa bangunan apartemen itu rusak oleh penembakan Ukraina, membantah laporan tentang kegagalan tembakan rudal Rusia.

Dia mengatakan sebuah apartemen telah dihantam dan membagikan gambar yang menunjukkan puing-puing di sebelah sebagian bangunan yang runtuh.

Menurutnya, belum ada informasi tentang korban jiwa atau cedera. Belgorod berjarak sekitar 40 km (25 mil) dari perbatasan Ukraina.

Menurut kantor berita TASS, bangunan tempat tinggal yang rusak setinggi 16 lantai dan menampung lebih dari 80 apartemen dan terletak hanya beberapa kilometer dari pusat kota.

Lantai atas gedung rusak oleh rudal, dan dua mobil di bawahnya rusak oleh puing-puing bangunan. Penghuni bangunan yang rusak telah dievakuasi dan akan ditempatkan di hotel sampai situasi aman untuk kembali ke rumah mereka.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0946 seconds (0.1#10.140)