Spesifikasi AK-12, Senjata Baru Rusia yang Diklaim Lebih Ngeri dari AK-47

Kamis, 13 Oktober 2022 - 19:28 WIB
loading...
Spesifikasi AK-12, Senjata Baru Rusia yang Diklaim Lebih Ngeri dari AK-47
Perkenalkan senapan serbu AK-12. Foto/Sandboxx
A A A
JAKARTA - Rusia dikenal sebagai salah satu negara dengan kekuatan militer yang mumpuni. Tak hanya dari kekuatan tentaranya, mereka juga memiliki banyak persenjataan canggih dengan kemampuan yang mengerikan.

Dari sekian banyak diantaranya, salah satu senjata baru Rusia yang cukup menarik perhatian adalah AK-12. Pasca kemunculannya, sebagian pengamat bahkan menyebut senapan ini lebih unggul jika dibandingkan dengan AK-47.

Dikutip dari laman Russia Beyond, sejatinya prototipe AK-12 sudah diperkenalkan sejak tahun 2012. Akan tetapi, versi prototipe tersebut sangatlah berbeda dengan yang dipegang tentara Rusia sekarang.

Pada keberlanjutannya, tentara Rusia baru diberikan senapan serbu generasi terbaru ini sekitar tahun 2018.



AK-12 merupakan versi pengembangan lebih lanjut dari senapan AK-47. Dalam perancangannya, senjata ini dibuat agar bisa beradaptasi pada kondisi iklim yang ekstrim seperti badai salju hingga badai pasir sekalipun.

Sebagai suksesor pendahulunya, AK-12 telah memperoleh sederet fitur tambahan yang sangat dibutuhkan oleh jenis senapan serbu di masa depan.

Diantaranya adalah pemasangan rel picatinny yang memungkinkan penggunanya memasang alat bidik apapun di senjata ini. Adapun tujuannya sendiri agar penembak bisa melihat targetnya dengan jelas dan meminimalisir kesalahan saat menembak.

Kemudian, AK-12 juga dibekali popor teleskopik yang bisa digunakan pengguna untuk menyesuaikan senjata dengan berbagai fitur dan peralatan di zona tempur. Tak sampai disitu, senapan serbu ini juga mendapat pegangan baru yang dioptimalkan, sehingga menjadikannya lebih mudah digenggam.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)