Rusia: Ukraina Gabung NATO Bisa Sebabkan Perang Dunia III

Kamis, 13 Oktober 2022 - 14:36 WIB
loading...
Rusia: Ukraina Gabung NATO Bisa Sebabkan Perang Dunia III
Rusia memperingatkan penerimaan keanggotaan Ukraina oleh NATO akan menyebabkan Perang Dunia III. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Penerimaan Ukraina sebagai anggota baru NATO dapat mengakibatkan Perang Dunia III. Hal itu disampaikan Wakil Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia, Alexander Venediktov, Kamis (13/10/2022).

“Kiev sangat menyadari bahwa langkah seperti itu berarti jaminan eskalasi ke Perang Dunia III,” kata Venediktov, seperti dikutip kantor berita TASS.

"Tampaknya, itulah yang mereka andalkan—untuk menciptakan kebisingan informasi dan menarik perhatian pada diri mereka sendiri sekali lagi," lanjut Venediktov.



Venediktov juga mengulangi posisi Rusia bahwa Barat, dengan membantu Ukraina, mengindikasikan bahwa mereka adalah pihak yang terlibat langsung dalam konflik.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengumumkan bahwa Kiev secara resmi mengajukan keanggotaan jalur cepat aliansi militer NATO pada akhir September.

Itu dilakukan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengadakan upacara di Moskow untuk menyatakan empat wilayah Ukraina yang diduduki sebagian sebagai tanah Rusia yang dianeksasi.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg telah merespons pengajuan keanggotaan oleh Ukraina dengan mengatakan bahwa keputusan akhir ada di tangan seluruh anggota aliansi.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)