Mahathir Khawatir Najib Akan Bebas Jika Partai Tercemar Korupsi Menang Pemilu

Rabu, 12 Oktober 2022 - 13:30 WIB
loading...
Mahathir Khawatir Najib Akan Bebas Jika Partai Tercemar Korupsi Menang Pemilu
Mahathir Khawatir Najib Akan Bebas Jika Partai Tercemar Korupsi Menang Pemilu. FOTO/Reuters
A A A
KUALA LUMPUR - Politisi veteran Malaysia dan pemimpin oposisi, Mahathir Mohamad pada Selasa (11/10/2022) memperkirakan bahwa mantan Perdana Menteri Najib Razak akan dibebaskan dari penjara jika partainya yang berkuasa dan tercemar korupsi memenangkan pemilihan umum mendatang.

Najib memulai hukuman penjara 12 tahun pada Agustus lalu, setelah dinyatakan bersalah dalam beberapa kasus terkait penjarahan miliaran dolar dari dana negara 1Malaysia Development Berhad (1MDB).



Seperti dilaporkan Reuters, Malaysia akan mengadakan pemilihan umum dalam beberapa pekan mendatang setelah Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob membubarkan parlemen pada awal pekan ini. Ia melawan tekanan dari faksi-faksi di Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) yang berkuasa, yang tetap setia kepada Najib dan lainnya yang dituduh melakukan korupsi.

Berbicara sehari kemudian, Mahathir memperingatkan bahwa UMNO akan segera membebaskan Najib dari penjara melalui pengampunan kerajaan serta menjatuhkan lusinan tuduhan korupsi lainnya jika memenangkan pemilihan.

“Jika mereka bisa menang dan membentuk pemerintahan, itu adalah tujuan pertama, bukan tentang kesejahteraan rakyat,” Mahathir.

“Penuntutan pidana terhadap presiden UMNO Ahmad Zahid Hamidi, yang menghadapi 47 dakwaan korupsi dalam kasus yang tidak terkait dengan 1MDB, juga akan dibatalkan,” lanjut Mahathir.



Najib dan Zahid sama-sama mengaku tidak bersalah, dengan mengatakan mereka adalah korban dendam politik. Mereka berdua diadili, bersama dengan para pemimpin partai lainnya, setelah UMNO kalah dalam pemilihan 2018 untuk pertama kalinya dalam sejarah Malaysia karena para pemilih menghukum partai tersebut karena 1MDB dan skandal korupsi lainnya.

Setelah memimpin negara itu selama 22 tahun hingga tahun 2003, Mahathir keluar dari masa pensiunnya untuk membentuk koalisi untuk mengalahkan Najib, mantan anak didiknya. Tetapi aliansi itu runtuh pada tahun 2020, mengakhiri tugas kedua Mahathir sebagai perdana menteri dan memungkinkan UMNO untuk kembali ke dalam kekuasaan.

Mahathir mengatakan, dia akan mempertahankan kursi parlemennya dalam pemilihan, dan bahwa dia bersedia bekerja dengan siapa pun untuk mengalahkan UMNO.

UMNO berharap untuk memenangkan mandat yang cukup besar dalam pemilu mendatang untuk membentuk pemerintahan sendiri, tanpa mitra koalisi yang dimilikinya di bawah pemerintahan Ismail.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)