Zelensky: Saya Yakin Putin Tak Akan Selamat Jika Gunakan Nuklir

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 08:48 WIB
loading...
Zelensky: Saya Yakin Putin Tak Akan Selamat Jika Gunakan Nuklir
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yakin Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan selamat dari respons dunia jika dia nekat meluncurkan serangan nuklir. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin tahu bahwa hidupnya terancam jika dia nekat menggunakan senjata nuklir dalam perangnya saat ini.

Menurut Zelensky, Putin juga memahami bahwa dunia tidak akan pernah memaafkan serangan nuklir Rusia jika benar-benar terjadi.

“Dia mengerti bahwa setelah penggunaan senjata nuklir dia tidak akan bisa lagi mempertahankan, bisa dikatakan, hidupnya, dan saya yakin akan hal itu,” kata Zelensky melalui seorang penerjamah, seperti dikutip AP, Jumat (7/10/2022).

Baca juga: Senjata AS Tak Akan Bisa Lindungi Ukraina dari Serangan Nuklir Rusia

Pemimpin Ukraina itu mengaku "sulit untuk mengatakan" apakah risiko perang nuklir telah meningkat dengan keuntungan teritorial yang diperoleh militer Kiev.

Zelensky berbicara kepada lembaga pemikir internasional Lowy Institute di Sydney melalui tautan video setelah militer Ukraina merebut kembali sebagian wilayah yang dianeksasi secara ilegal oleh Rusia pekan lalu.

Presiden Putin telah memperingatkan bahwa dia tidak akan ragu untuk menggunakan senjata nuklir guna menangkal upaya Ukraina untuk merebut kembali kendali atas wilayah yang diduduki Moskow.

Ditanya apakah risiko Rusia menggunakan senjata nuklir telah meningkat, Zelensky mengatakan: “Sulit untuk mengatakannya.”

Dia mempertanyakan apakah Putin memiliki kendali yang cukup atas kampanye militer Rusia untuk mengarahkan serangan nuklir taktis.

"[Pemimpin] Rusia merasa sulit untuk mengendalikan semua yang terjadi di negara mereka, sama seperti mereka tidak mengendalikan semua yang mereka miliki di medan perang,” kata Zelensky.
(min)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1657 seconds (10.101#12.26)