Biden pada Zelensky: AS Akan Kirim HIMARS ke Ukraina

Rabu, 05 Oktober 2022 - 16:54 WIB
loading...
Biden pada Zelensky: AS Akan Kirim HIMARS ke Ukraina
Biden pada Zelensky: AS Akan Kirim HIMARS ke Ukraina. FOTO/Politico
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky , Selasa (4/10/2022), bahwa Washington akan memberi Kiev bantuan keamanan baru senilai USD625 juta, termasuk peluncur Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi ( HIMARS ), kata Gedung Putih.

Presiden menggarisbawahi bahwa Washington tidak akan pernah mengakui pencaplokan Rusia atas wilayah Ukraina, tambahnya. “Biden berjanji untuk terus mendukung Ukraina karena mempertahankan diri dari agresi Rusia selama yang diperlukan," kata pernyataan Gedung Putih, seperti dikutip dari Reuters.



Departemen Luar Negeri AS mengatakan dalam rilisnya, paket itu mencakup empat peluncur HIMARS dan roket terkait, 32 Howitzer dengan 75.000 butir amunisi, 200 kendaraan yang Dilindungi Ambush Tahan Ranjau (MRAP), dan ranjau anti-personil Claymore.

Dibuat oleh Lockheed Martin Corp, akurasi peluncur HIMARS dan jangkauan yang lebih jauh telah memungkinkan Kyiv untuk mengurangi keunggulan artileri Rusia.

Paket ini adalah paket pertolongan pertama sejak pencaplokan terbaru Rusia atas wilayah Ukraina dan Otoritas Penarikan Presiden (PDA) kedua, sejak Ukraina membuat keuntungan besar di medan perang pada pertengahan September.



Aneksasi yang diumumkan Rusia pekan lalu mengikuti apa yang disebutnya referendum di wilayah-wilayah pendudukan Ukraina. Pemerintah Barat dan Kiev mengatakan pemungutan suara itu melanggar hukum internasional dan bersifat memaksa dan tidak representatif.

"Perkembangan terbaru dari referendum palsu Rusia dan upaya pencaplokan pengungkapan baru kebrutalan terhadap warga sipil di wilayah Ukraina yang sebelumnya dikendalikan oleh Rusia hanya memperkuat tekad kami," kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam sebuah pernyataan.

Pekan lalu, Amerika Serikat meluncurkan paket senjata senilai USD1,1 miliar untuk Ukraina, yang mencakup 18 sistem peluncur HIMARS, amunisi yang menyertainya, berbagai jenis sistem kontra drone dan sistem radar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)