Brasil Catat 1,5 Juta Kasus Covid-19, Kota-kota Dibuka Lagi

Sabtu, 04 Juli 2020 - 20:01 WIB
loading...
Brasil Catat 1,5 Juta Kasus Covid-19, Kota-kota Dibuka Lagi
Pegawai menata peti mati di Rio de Janeiro, Brasil. Foto/REUTERS
A A A
RIO DE JANEIRO - Brasil mencatat lebih dari 1,5 juta kasus positif Covid-19 pada Jumat (3/7) saat kota-kota kembali membuka bar, restoran dan gym.

Banyak pihak khawatir kasus akan terus bertambah di negara itu. Brasil menjadi negara dengan kasus Covid-19 terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat (AS).

Virus itu telah menewaskan lebih dari 60.000 orang di Brasil. Di Rio de Janeiro, kerumunan orang berkumpul di pinggir jalan dekat pantai untuk minum-minum pada Kamis (2/7) malam. Ini merupakan bar malam pertama yang diizinkan kembali buka.

Gambar di Leblon menunjukkan hanya sedikit orang yang memakai masker dan para pengunjung saling berdekatan. Situasi itu pun memicu kecaman dan kekhawatiran.

“Ini tragedi,” kata David Miranda, anggota kongres federal untuk Rio, dalam tulisan di atas gambar kerumunan orang di pinggira jalan. Dia mengkritik walikota Marcelo Crivella.

“Keputusan Crivella untuk membuka pintu bisnis akan dibayar dengan mahal,” ujar dia.

Dalam pernyataan tertulis, kantor Crivella menyatakan penegak hukum lokal telah meminta beberapa bar untuk tutup karena aturan kesehatan melarang kerumunan orang berkumpul untuk minum di luar bar.

Penegakan hukum akan ditingkatkan selama akhir pekan. Di Rio saja, lebih dari 6.600 orang meninggal akibat Covid-19 dalam empat bulan terakhir.

Hanya 14 negara di dunia dengan jumlah kematian lebih tinggi dibandingkan Rio. Unit ICU di rumah sakit publik saat ini sudah mencapai 70% kapasitas.

Sao Paulo yang merupakan kota terbesar dan terkena dampak terburuk Covid-19 di Brasil, akan membuka bar dan restoran pekan depan. (Lihat Infografis: 8 Jalur Perdagangan Kuno Peradaban Manusia)

Presiden Brasil Jair Bolsonaro dikritik para pakar kesehatan karena meremehkan risiko virus corona yang dia sebut hanya “flu ringan”. Dia menekan para gubernur dan walikota untuk segera melonggarkan lockdown dan membuka kembali ekonomi. (Lihat Video: Wisuda Drive Thru, Wisudawan Gunakan Andong Hingga Mobil Listrik)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)