Hanya 9 Negara Dukung Upaya Ukraina Masuk NATO

Senin, 03 Oktober 2022 - 15:39 WIB
loading...
A A A
Dia menjelaskan, “NATO memiliki kebijakan pintu terbuka.”

Stoltenberg mengatakan saat ini prioritas utama blok tersebut adalah “untuk mendukung Ukraina,” baik secara militer maupun finansial.

Dia percaya bahwa ini juga “cara terbaik untuk menanggapi” tindakan Rusia.

Pernyataan Stoltenberg menggemakan sikap yang dibuat sebelumnya oleh Gedung Putih. Berbicara pada Jumat, Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) Jake Sullivan mengklaim cara terbaik sekarang adalah memberi Ukraina dukungan "praktis", sementara "proses di Brussels harus diambil pada waktu yang berbeda."

Wakil Perdana Menteri Ukraina Olga Stefanishyna, sementara itu, mengungkapkan pada Minggu bahwa aplikasi NATO oleh Kiev "sudah dalam perjalanan ke Brussels."

Pengumuman Zelensky tentang upaya keanggotaan NATO datang pada hari yang sama ketika Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani perjanjian tentang masuknya dua republik Donbass, dan Wilayah Kherson dan Zaporozhye, ke dalam Rusia.

Moskow, yang menganggap perluasan NATO sebagai ancaman langsung terhadap kepentingan nasionalnya, menyebut potensi keanggotaan Ukraina dalam aliansi tersebut sebagai salah satu alasan serangan militernya.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)