Lagi, Korut Uji Tembak 2 Rudal Balistik ke Laut Timur

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 11:05 WIB
loading...
Lagi, Korut Uji Tembak 2 Rudal Balistik ke Laut Timur
Lagi, Korut Uji Tembak 2 Rudal Balistik ke Laut Timur.
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke Laut Timur pada Sabtu (1/10/2022), kata militer Korea Selatan (Korsel). Ini adalah uji coba ke empat yang dilakukan Korut dalam kurun satu pekan.

Kepala Staf Gabungan (JCS) mengatakan, pihaknya mendeteksi peluncuran dari daerah Sunan di Pyongyang antara pukul 06:45 dan 07:03. Rudal balistik tersebut terbang sekitar 350 kilometer dengan kecepatan puncak sekitar 30 km dengan kecepatan tertinggi Mach 6.

Baca: Korut Uji Coba Rudal, Trio Korsel-AS-Jepang Gelar Latihan Anti Kapal Selam

Peluncuran itu dilakukan hanya beberapa jam sebelum Korsel akan mengadakan acara yang menandai Hari Angkatan Bersenjata dengan memamerkan aset militer utamanya. Sehari sebelumnya, Korsel, Amerika Serikat, dan Jepang menggelar latihan perang anti kapal selam di Laut Timur.

"Serangkaian rudal balistik Korut baru-baru ini adalah tindakan provokasi signifikan yang merusak perdamaian, tidak hanya di Semenanjung Korea, tetapi juga di komunitas internasional, dan jelas melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB," kata JCS dalam pesan teks yang dikirim ke wartawan, seperti dikutip dari Yonhap.

"Militer kami akan mempertahankan postur kesiapan yang kuat sambil melacak dan memantau gerakan terkait dalam kerja sama erat dengan AS dalam persiapan melawan provokasi tambahan," lanjut pernyataan itu.

Dewan Keamanan Nasional kepresidenan mengadakan sesi komite tetap dan mengutuk peluncuran terbaru Korut. Ketua JCS, Jenderal Kim Seung-kyum dan Jenderal Paul LaCamera, komandan Korea Selatan-AS. Komando Pasukan Gabungan, mengadakan konsultasi virtual atas peluncuran tersebut.

Baca: Wapres AS Sambangi Korsel, Korut Kembali Tembakkan Rudal Balistik

Peluncuran terbaru mengikuti provokasi sebelumnya pada hari Minggu, Rabu dan Kamis. Otoritas militer telah mencari kemungkinan bahwa peluncuran Korut baru-baru ini mungkin melibatkan KN-23, KN-24, peluncur roket ganda super besar KN-25 atau platform jarak pendek lainnya.

KN-23 dan KN-24 dimodelkan setelah rudal balistik Iskander Rusia dan AS. Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat (ATACMS), masing-masing. Rudal KN-23 dan KN-24 dikenal dengan manuver "pull-up" untuk menghindari intersepsi.

Uji coba rudal jarak pendek Pyongyang menimbulkan spekulasi bahwa pihaknya telah menggandakan dorongannya untuk mengembangkan senjata nuklir taktis.
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2375 seconds (11.210#12.26)