Media Belanda: Uskup Belo Peraih Nobel Perdamaian Diduga Lakukan Kekerasan Seksual Anak

Kamis, 29 September 2022 - 10:47 WIB
loading...
A A A
Roberto becerita ada suasana kegembiraan di kotanya tinggal saat itu, di mana pesta gereja sedang berlangsung.

Orang-orang senang karena bahkan uskup telah datang. Sementara Roberto menonton pertunjukan dan mendengarkan musik, mata Uskup Belo tertuju padanya.

Uskup Belo meminta Roberto, yang saat itu berusia sekitar 14 tahun, untuk datang ke biara.

Roberto pergi ke biara dan itu terjadi kemudian dan kemudian. Sudah terlambat untuk pulang.

Uskup Belo kemudian membawa Roberto ke kamarnya, di mana remaja yang kelelahan itu tertidur. Sampai dia tiba-tiba terbangun. "Uskup memerkosa dan melecehkan saya secara seksual malam itu," kata Roberto.

"Pagi-pagi sekali dia menyuruh saya pergi. Saya takut karena hari masih gelap. Jadi saya harus menunggu sebelum saya bisa pulang. Dia juga meninggalkan uang untuk saya. Itu dimaksudkan agar saya tutup mulut. Dan untuk memastikan saya akan kembali," paparnya.

Itu jumlah yang besar bagi remaja yang telah kehilangan banyak anggota keluarga saat Timor Leste menjadi bagian dari Indonesia, di mana sebanyak 183.000 orang Timor Leste meninggal karena kelaparan, penyakit, kelelahan dan kekerasan.

Pada kunjungan berikutnya ke kota, Uskup Belo mengirim seseorang untuk menjemput Roberto. Uskup Belo bermain di hati dan pikirannya.

"Saya merasa diakui, dipilih, dicintai, dan istimewa," kata Roberto.

"Sampai saya mengerti bahwa uskup tidak benar-benar tertarik pada saya, tetapi itu hanya tentang dirinya sendiri. Kemudian itu hanya tentang uang bagi saya. Uang yang sangat kami butuhkan," paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)