Media Belanda: Uskup Belo Peraih Nobel Perdamaian Diduga Lakukan Kekerasan Seksual Anak

Kamis, 29 September 2022 - 10:47 WIB
loading...
Media Belanda: Uskup Belo Peraih Nobel Perdamaian Diduga Lakukan Kekerasan Seksual Anak
Uskup Carlos Filipe Ximenes Belo, petinggi Gereja Katolik Timor Leste yang raih Hadiah Nobel Perdamaian. Laporan investigasi mengungkap dia diduga melakukan kejahatan seks terhadap anak-anak. Foto/REUTERS/Jason Reed
A A A
DILI - Uskup Carlos Filipe Ximenes Belo adalah salah satu petinggi Gereja Katolik Timor Leste . Dia merupakan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian dan bagian dari pahlawan nasional di negara bekas provinsi Indonesia tersebut.

Namun, hasil investigasi media Belanda De Groene Amsterdammer mengungkap bahwa Uskup Belo diduga sebagai penjahat seks anak. Dugaan kejahatan seksual dia lakukan selama bertahun-tahun.

Gereja Katolik sudah memberlakukan pembatasan perjalanan untuk Belo.

Media Belanda, dalam laporan investigasinya, mengutip pengakuan para korban dugaan kejahatan seksual Uskup Belo.

Paulo—nama samaran—menceritakan dugaan kejahatan yang dia alami.



Saat itu hari Minggu pagi. Paulo berdiri di antara umat lainnya mendengarkan dengan penuh perhatian misa yang diadakan Uskup Belo di taman tropis di kediamannya di Dili, Ibu Kota Timor Leste.

Setelah misa, Belo berjalan ke arah Paulo, yang saat itu masih remaja berusia antara 15 atau 16 tahun.

"Dia meminta saya untuk datang ke tempatnya," kata Paulo, yang sekarang berusia 42 tahun. Dia ingin tetap anonim demi privasi dan keselamatan dirinya dan keluarganya.

Dia mengatakan suatu kehormatan baginya diundang oleh Uskup Belo. "Saya sangat senang," katanya.

Uskup Belo bukan hanya pemimpin kuat gereja Katolik Roma di Timor Leste, tetapi juga pahlawan nasional dan mercusuar harapan bagi rakyat di negara itu.

Dia pernah berbicara untuk rakyat di negara itu, yang menurutnya sangat menderita di bawah pendudukan Indonesia yang ekstrem dan kejam (1975-1999). Dia kala itu juga menuntut penghormatan terhadap hak asasi manusia (HAM) dan penentuan nasib sendiri.

Kembali ke cerita Paulo, pada sore hari tanpa curiga Paulo pergi ke kediaman Uskup Belo di jalan pesisir Dili dengan pemandangan laut yang indah.

Malam itu Belo membawanya ke kamar tidurnya. "Uskup melepas celana saya, mulai menyentuh saya secara seksual dan melakukan seks oral pada saya," kata Paulo.

Bingung dan kaget remaja itu tertidur. Ketika dia bangun, "Dia memberi saya sejumlah uang," kenangnya.

"Di pagi hari saya lari cepat. Saya sedikit takut. Saya merasa sangat aneh."

Paulo merasa malu, sampai dia menyadari: "Ini bukan salah saya. Dia telah mengundang saya. Dia adalah imam. Dia adalah seorang uskup. Dia memberi kami makanan, dan berbicara baik pada saya. Dia mengambil keuntungan dari situasi itu."

Dia menambahkan: "Saya pikir: ini menjijikkan. Saya tidak akan pergi ke sana lagi."

Paulo tidak memberi tahu siapa pun tentang pelecehan dan eksploitasi seksual tersebut. Itu terjadi sekali, sekali itu.
Tapi itu tidak berlaku untuk Roberto, yang sekarang berusia 45 tahun, yang juga memutuskan untuk tetap anonim.

Baik Paulo maupun Roberto kemudian menetap di luar negeri untuk membangun kehidupan mereka.

Roberto becerita ada suasana kegembiraan di kotanya tinggal saat itu, di mana pesta gereja sedang berlangsung.

Orang-orang senang karena bahkan uskup telah datang. Sementara Roberto menonton pertunjukan dan mendengarkan musik, mata Uskup Belo tertuju padanya.

Uskup Belo meminta Roberto, yang saat itu berusia sekitar 14 tahun, untuk datang ke biara.

Roberto pergi ke biara dan itu terjadi kemudian dan kemudian. Sudah terlambat untuk pulang.

Uskup Belo kemudian membawa Roberto ke kamarnya, di mana remaja yang kelelahan itu tertidur. Sampai dia tiba-tiba terbangun. "Uskup memerkosa dan melecehkan saya secara seksual malam itu," kata Roberto.

"Pagi-pagi sekali dia menyuruh saya pergi. Saya takut karena hari masih gelap. Jadi saya harus menunggu sebelum saya bisa pulang. Dia juga meninggalkan uang untuk saya. Itu dimaksudkan agar saya tutup mulut. Dan untuk memastikan saya akan kembali," paparnya.

Itu jumlah yang besar bagi remaja yang telah kehilangan banyak anggota keluarga saat Timor Leste menjadi bagian dari Indonesia, di mana sebanyak 183.000 orang Timor Leste meninggal karena kelaparan, penyakit, kelelahan dan kekerasan.

Pada kunjungan berikutnya ke kota, Uskup Belo mengirim seseorang untuk menjemput Roberto. Uskup Belo bermain di hati dan pikirannya.

"Saya merasa diakui, dipilih, dicintai, dan istimewa," kata Roberto.

"Sampai saya mengerti bahwa uskup tidak benar-benar tertarik pada saya, tetapi itu hanya tentang dirinya sendiri. Kemudian itu hanya tentang uang bagi saya. Uang yang sangat kami butuhkan," paparnya.

Ketika Roberto pindah ke Dili, pelecehan dan eksploitasi seksual pindah ke kediaman uskup di kota. Di sana, Roberto melihat anak-anak yatim piatu tumbuh di kompleks dan anak laki-laki lain yang dipanggil seperti dia.

Roberto dan Paulo keduanya mengatakan orang-orang dikirim dengan mobil untuk membawa anak laki-laki yang diinginkan Uskup Belo ke kediaman.

De Groene Amsterdammer telahmenghubungi Uskup Belountuk minta tanggapan atas tuduhan para korban, namun dia bergegas menutup teleponnya.

Paulo mengatakan Uskup Belo menyalahgunakan posisi kekuasaannya atas anak laki-laki yang hidup dalam kemiskinan ekstrem.

"Dia tahu bahwa anak laki-laki tidak punya uang. Jadi ketika dia mengundang Anda, Anda datang dan memberi Anda sejumlah uang. Tapi sementara itu Anda adalah korban. Begitulah cara dia melakukannya," jelas Paulo.

Paulo mengatakan tidak mungkin mengungkapkan apa yang terjadi di kamar Uskup Belo.

"Kami takut membicarakannya. Kami takut untuk menyampaikan informasi. Seperti saya, tentang kisah buruk saya dengan Uskup Belo."

Gereja Katolik sangat dihormati di antara orang-orang di Timor Leste, atas peran religiusnya dan sebagai lembaga yang membantu orang dan menawarkan perlindungan.

Menurut Roberto, jika tuduhan terhadap Belo dipublikasikan, itu akan menghebohkan negara tersebut dan merusak perjuangan kemerdekaan.

Masih sulit bagi orang untuk berbicara tentang dugaan kejahatan seksual Belo, dari ketakutan akan stigmatisasi, pengucilan, ancaman dan kekerasan.

Paulo ingin melupakan dan mengubur pikirannya tentang pelecehan seksual. Tetapi ketika dia menyukai seorang gadis, pengalamannya muncul.

"Saya sudah memiliki hal negatif dalam pikiran saya. Dengan cara itu, seperti yang dilakukan uskup kepada kami, itu tidak baik," katanya.

Dari investigasi yang dilakukan De Groene Amsterdammer ternyata Uskup Belo memiliki korban yang lebih banyak. Media Belana itu telah berbicara dengan 20 orang yang mengetahui kasus tersebut: pejabat tinggi, pejabat pemerintah, politisi, pekerja LSM, orang-orang dari gereja dan para profesional.

Lebih dari separuh dari mereka secara pribadi mengenal seorang korban, sementara yang lain tahu tentang kasus tersebut dan sebagian besar membahasnya di tempat kerja.

Media itu juga berbicara dengan korban lain yang tidak mau menceritakan kisah mereka di media. Paulo dan Roberto sama-sama mengenal sesama penyintas.

“Saya mengetahuinya dari beberapa sepupu saya. Saya mengetahuinya dari beberapa teman saya," kata Paulo. "Mereka pergi ke rumahnya, hanya untuk mendapatkan uang."
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)