5 Jet Tempur Tercanggih Buatan Rusia

Selasa, 27 September 2022 - 11:02 WIB
loading...
5 Jet Tempur Tercanggih Buatan Rusia
Jet tempur Su-75 Checkmate. Foto/Sandboxx
A A A
MOSKOW - Rusia menjadi sorotan dunia karena upayanya dalam melakukan invasi ke wilayah Ukraina. Perebutan wilayah tersebut membuat perang antara dua negara tak terelakkan.

Segala hal dikerahkan dalam medan perang, tak terkecuali jet tempur. Melansir dari Global Firepower, Rusia menempati peringkat ketiga dalam total armada pesawat tempur.

Negara dengan militer terkuat kedua di dunia ini mempunyai 772 jet tempur. Jet tempur tersebut dilengkapi dengan persenjataan mutakhir dan teknologi canggih.

Berikut beberapa jet tempur tercanggih buatan Rusia.

1. Sukhoi Su-75 Checkmate

Jet tempur Su-75 Checkmate merupakan pesawat tempur siluman generasi kelima yang dikembangkan oleh produsen pesawat Rusia Sukhoi.

5 Jet Tempur Tercanggih Buatan Rusia


Jet tempur ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada ajang International Air Show di MAX-2021 di Zhukovsky pada Juli 2021.

Rencananya, pesawat ini akan melakukan penerbangan perdana pada tahun 2023 dan akan diproduksi massal pada tahun 2026.

Kecepatan maksimum yang mampu ditempuh Jet tempur Su-75 Checkmate mencapai Mach 1,8 (2.205km/jam) dengan jangkauan operasional lebih dari 2.800 km tanpa tangki bahan bakar tambahan.

Dalam persenjataan, jet tempur ini dilengkapi dengan rudal udara-ke-darat, rudal anti-radar, rudal anti-kapal, dan bom berpemandu.

Persenjataan canggih dalam Su-75 Checkmate juga dilengkapi dengan radar array bertahap aktif (APAR).

Radar ini dapat digunakan untuk melacak target bahkan di daerah dengan gangguan elektronik yang parah.

2. Sukhoi Su-34M

Secara luas, Su-34 dikenal sebagai salah satu pesawat tempur sekaligus pengebom paling terkemuka di dunia.

5 Jet Tempur Tercanggih Buatan Rusia


Pesawat ini merupakan pengembangan dari jet tempur Su-27 dan secara resmi beroperasi untuk Angkatan Udara Rusia pada tahun 2014.

Dibanding dengan versi Su-34 yang asli, Su-34M mengalami beberapa modifikasi, seperti pada bagian desain dan fungsi.

Pesawat yang dirancang untuk pengintaian dan penyerangan ini memiliki dua kali lipat kapasitas tempur dari Su-34 asli.

Su-34 sendiri sudah dilengkapi dengan persenjataan canggih rudal udara-ke-udara, udara-ke-permukaan, anti-kapal dan anti-radiasi, bom terpandu dan tak terarah, dan roket.

Secara performa, pesawat ini mampu terbang hingga kecepatan 1.900 km/jam dengan jangkauan terbang jangkauan terbang 4.000 km.

Di bawah program pengembangan Sych, varian Su-34M dilengkapi dengan tiga pod pengintaian. Ketiga pod tersebut di antaranya adalah UKR-RT, UKR-OE, dan UKR-RL yang masing-masing memiliki fungsi berbeda.

3. MiG-31BM

Jet tempur MiG-31BM merupakan versi terbaru dari MiG-31. Pesawat ini disebut sebagai pesawat multiperan karena mampu melakukan intersepsi jarak jauh, serangan presisi dan tugas-tugas pertahanan lainnya.

5 Jet Tempur Tercanggih Buatan Rusia


Kemampuan lacak MiG-31BM dilengkapi dengan radar Zaslon-AM yang dapat mendeteksi target dalam jangkauan maksimum 320 km.

Dengan jangkauan radar yang panjang, radar array bertahap ini dapat melacak 24 target udara secara bersamaan dan menyerang 8 target di antaranya.

MiG-31BM dilengkapi dengan berbagai macam persenjataan seperti rudal udara-ke-udara, rudal udara-ke-darat, rudal jarak menengah, rudal anti-radiasi, rudal anti-kapal, hingga rudal jelajah hipersonik.

Persenjataan pesawat yang canggih tersebut juga dilengkapi dengan kecepatan pesawat yang dapat mencapai 3.000 km/jam.

4. Sukhoi SU-57

Su-57 adalah pesawat tempur generasi pertama Rusia. Pesawat tempur siluman ini dilengkapi dengan kecerdasan buatan dan digunakan dalam operasi anti-udara dan udara-ke-darat. Su-57 dapat melaju dengan kecepatan hingga Mach 2 tanpa menggunakan afterburner.

5 Jet Tempur Tercanggih Buatan Rusia


Jika menggunakan kecepatan subsonik, pesawat yang diberi nama Felon oleh NATO ini dapat mencapai jangkauan hingga 3.500 km dan lebih dari 1.500 km jika dalam kecepatan supersonik.

Dalam komunikasi, pesawat Su-57 dilengkapi dengan sistem avionik canggih yang dapat melakukan otomatisasi terkontrol yang dapat melacak target dan memberikan solusi paling efektif untuk pilot.

Sistem ini mampu mengurangi beban kerja pilot sehingga mereka dapat fokus pada taktik dan strategi.

5. Tupolev Tu-160M2

Pesawat pengebom Tupolev Tu-160M2 melakukan penerbangan perdananya pada Januari 2022 kemarin usai melakukan pengembangan dan modernisasi.

5 Jet Tempur Tercanggih Buatan Rusia


Walaupun terdapat banyak penambahan, Tu-160M2 tetap mempertahankan desain Black Jack seperti pendahulunya, Tu-160.

Tu-160M2 mengalami sejumlah upgrade pada sistem avionik dan mesin, serta sistem komunikasi on-board yang sama dengan pesawat generasi kelima Su-57.

Pembaruan tersebut memungkinkan pesawat dapat melakukan transmisi informasi yang lebih cepat dengan pengeluaran energi yang lebih efisien.

Pesawat sepanjang 54,10 meter ini dapat mencapai kecepatan maksimum hingga 2.200 km/jam dengan radius tempur 6.000 hingga 15.000 km.

Dalam sistem persenjataan, Tu-160M2 dilengkapi dengan rudal jelajah Kh-55, Kh-55L, dan rudal jelajah jarak jauh.

(sya)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1642 seconds (11.210#12.26)