Ukraina Buat Keputusan tentang Mobilisasi Pasukan Tambahan Terkait Referendum Donbass

Selasa, 27 September 2022 - 06:35 WIB
loading...
Ukraina Buat Keputusan tentang Mobilisasi Pasukan Tambahan Terkait Referendum Donbass
Tentara Ukraina mengendarai kendaraan militer di dekat Debaltseve, Ukraina timur. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Ukraina tidak akan mengumumkan mobilisasi tambahan sebagai tanggapan atas referendum bergabung dengan Rusia yang saat ini sedang berlangsung di bagian timur negara itu.

Keputusan mengenai mobilisasi pasukan cadangan itu diumumkan Penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Mikhail Podolyak, kepada program TV Jerman Tagesschau, Senin (26/9/2022).

“Kami telah membuat cadangan melalui sistem pertahanan teritorial dan akan secara aktif menggunakan cadangan ini. Kami seharusnya tidak mengumumkan mobilisasi tambahan hari ini,” ujar dia kepada televisi itu.

Dia menambahkan, “Kami memiliki segalanya, dan kami siap untuk lebih banyak pasukan Rusia.”

Baca juga: Zelensky Ungkap AS Bayar Ukraina Rp23 Triliun Per Bulan

Podolyak bersikeras Ukraina kehilangan tentara jauh lebih sedikit daripada Rusia, menggemakan kata-kata Zelensky, yang mengatakan pekan lalu pasukannya menderita setidaknya 50 korban setiap hari tetapi kerugian Rusia mengerdilkan angka itu dengan faktor lima.

Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu mengumumkan hanya beberapa hari sebelumnya bahwa, sementara Rusia kehilangan 6.000 tentara sejak awal serangan pada Februari, Ukraina kehilangan sekitar 61.000 prajurit.

Baca juga: AS Sudah Punya Rencana Jika Rusia Gunakan Senjata Nuklir

Menurut pihak Ukraina, sekitar 55.000 tentara Rusia telah tewas. Menurut CIA, pada akhir Juli Rusia kehilangan lebih dari 15.000 tentara di Ukraina.

Intelijen Inggris melaporkan 20.000 kematian tentara Rusia pada bulan Juni.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2823 seconds (11.210#12.26)