Presiden Xi Jinping: Tentara China Harus Fokus Bersiap Hadapi Permusuhan Nyata

Kamis, 22 September 2022 - 11:47 WIB
loading...
Presiden Xi Jinping: Tentara China Harus Fokus Bersiap Hadapi Permusuhan Nyata
Tentara China menembakkan sistem peluncur roket. Foto/Chinese Ministry of National Defense
A A A
BEIJING - Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) harus fokus persiapan untuk masa depan dalam menghadapi permusuhan kehidupan nyata.

Presiden China Xi Jinping menyatakan hal itu dalam pidatonya di seminar tentang reformasi pertahanan nasional dan angkatan bersenjata.

Xi tidak merinci apakah dia mengharapkan negara itu terlibat dalam konflik bersenjata dalam waktu dekat.



Beijing, bagaimanapun, telah berulang kali memperingatkan Amerika Serikat (AS) terhadap "provokasi" di Selat Taiwan karena Washington terus mengirim kapal perangnya ke wilayah tersebut.

Presiden menyampaikan instruksi baru kepada militer sebagai bagian dari pesannya yang didedikasikan untuk reformasi PLA yang sedang berlangsung.

Reformasi militer diluncurkan pada tahun 2015 dan mencakup sejumlah upaya restrukturisasi dan modernisasi, serta mekanisme umpan balik di mana personel layanan China dapat mengajukan proposal pengoptimalan untuk kekuatan militer.

Baca juga: Perang Memanas, Rusia Tingkatkan Produksi Perangkat Keras Militer

Kebijakan reformasi ini diharapkan dapat mengurangi jumlah tentara sambil meningkatkan kemampuan militer PLA secara keseluruhan.

Perombakan juga melibatkan penciptaan jenis pasukan yang sama sekali baru, seperti pasukan perang siber dan pemisahan persenjataan strategis menjadi cabang terpisah untuk kontrol yang lebih baik.

Perubahan yang ada dalam pikiran Xi untuk militer ditujukan untuk menjadikan PLA sebagai kekuatan yang layak dan mampu menghadapi saingan serius yang dipersenjatai dengan senjata canggih.

Reformasi dan modernisasi sebagian besar diperkirakan akan berakhir pada tahun 2035. Dalam pidatonya di seminar tersebut, presiden tidak merinci seruannya untuk mempersiapkan konfrontasi kehidupan nyata.

Dia juga tidak memperingatkan adanya konflik yang akan segera terjadi yang mungkin melibatkan China.

Militer China, bagaimanapun, secara rutin menghadapi ketegangan dengan pasukan AS di Laut China Selatan dan Selat Taiwan di mana Washington mengirim kapal perangnya dengan dalih misi kebebasan navigasi.

Beijing berulang kali memperingatkan AS terhadap "provokasi" semacam itu. China mencatat suatu hari mereka mungkin secara tidak sengaja menyebabkan konflik bersenjata.

Hubungan China-AS diuji pada Agustus ini setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi memutuskan mengunjungi Taiwan, pulau yang dianggap Beijing sebagai bagian tak terpisahkan dari wilayahnya.

China menuduh AS melanggar prinsip Satu China dan bermain dengan pasukan "kemerdekaan Taiwan", serta menyebut perilaku Pelosi tidak dapat diterima dan provokatif.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)