Negara dengan Jumlah Tentara Terbanyak, Nomor 1 Ada di Asia

Rabu, 21 September 2022 - 16:04 WIB
loading...
Negara dengan Jumlah Tentara Terbanyak, Nomor 1 Ada di Asia
Tentara China menggelar parade militer di Beijing, China. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Kekuatan militer, termasuk jumlah tentara menjadi satu hal penting yang wajib dimiliki negara. Ada beberapa negara di dunia yang jumlah tentara militernya lebih dari 1 juta orang, yang siap menjadi pilar utama pertahanan dalam negeri.

Berikut adalah 6 negara dengan jumlah tentara terbanyak.

1. China

Berlandaskan data yang dipublikasi oleh Statista, China menempati urutan pertama sebagai negara dengan jumlah tentara terbanyak di tahun 2022, yakni 2 juta personel.

Sementara itu, China sengaja berinvestasi dengan persenjataan dan peralatan canggih. Negeri Tirai Bambu ini melakukan modernisasi angkatan bersenjata dengan merobak struktur komando militernya.

Pada Maret 2022, pemerintah China mengumumkan bahwa anggaran pertahanan yang mereka sediakan setidaknya USD229 miliar untuk tahun fiskal 2022. Angka ini meningkat 7,1% dari tahun sebelumnya.

2. India

India juga masuk dalam jajaran negara dengan personel militer terbanyak di dunia. Pada tahun 2022, India tercatat memiliki 1,45 juta personel militer aktif.

Untuk anggaran militer tahun 2022-2023, negara itu menyediakan dana sebesar USD54,2 miliar. Tahun ini, India mengeluarkan modal untuk pembelian senjata baru angkatan udara sebesar USD7,43 miliar.

Sementara itu, angkatan laut diberikan sekitar USD6,36 miliar dan angkatan darat India mendapatkan alokasi dana USD4,28 miliar.

Pada tahun 2021, pengeluaran militer India sebesar USD76,6 miliar, naik 0,9% dari tahun sebelumnya.

3. Amerika Serikat

Di posisi ketiga, ada Amerika Serikat (AS) yang memiliki 1,39 juta personel militer aktif. Dari jumlah tersebut, sebagian besar anggotanya bertugas di Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut.

Sementara itu, sisanya ditugaskan di Korps Marinir. Meskipun personelnya tidak sebanyak China dan India, namun AS mempunyai anggaran militer paling besar, yakni USD770 miliar.

Total kendaraan tempur lapis bajanya adalah 45.193, didukung oleh 13.247 unit pesawat. Personel tentara AS rata-rata ditempatkan di Virginia dan California.

4. Korea Utara

Dikenal sebagai negara yang sangat tertutup, Korea Utara ternyata memiliki pasukan militer dengan jumlah cukup banyak, 1,2 juta personel.

Melansir laman Council on Foreign Relations, Korea Utara sudah mulai melakukan percepatan pembangunan senjata nuklir.

Di sisi lain, Korea Utara juga terus melakukan modernisasi kekuatan konvensionalnya. Negara ini kerap melakukan uji coba nuklir yang cukup membuat pihak lain, seperti AS, khawatir.

Pengeluaran militer Korea Utara sepanjang tahun 2009 sampai 2019 diperkirakan adalah USD4 miliar per tahunnya.

5. Rusia

Rusia juga masuk dalam jajaran dengan personel militer terbanyak di dunia. Masih mengacu pada data Statista, Rusia mempunyai 850 ribu personel militer.

Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI) menyatakan bahwa Rusia telah meningkatkan pengeluaran militernya di tahun 2021 menjadi USD65,9 miliar, yang artinya pengeluaran militer Rusia menyentuh 4,1% dari PDB tahun yang sama.

Rusia bisa meningkatkan pengeluaran militernya karena dibantu oleh hasil atau pendapatan minyak dan gas yang juga tinggi.

Ketika memasuki masa konflik dengan Ukraina, Rusia menghabiskan lebih dari USD300 juta per hari untuk biaya pertahanan.

6. Pakistan

Pakistan mempunyai 640 ribu tentara militer aktif yang tercatat di tahun 2022. Anggaran pertahanan yang disediakan oleh negara ini adalah USD7,5 miliar untuk tahun 2022-2023.

Angka ini meningkat 12% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. India mempunyai beragam kekuatan militer, seperti rudal anti balistik, senjata anti satelit, dan kapal selam yang mampu meluncurkan balistik.

Kendaraan tempur infanteri yang dimiliki India sejumlah kurang lebih 2.500 unit dan tank tempur melebihi 4.800 unit.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0882 seconds (0.1#10.140)