Serangan Ukraina Meningkat, Rusia Pindahkan Kapal Selam dari Crimea

Rabu, 21 September 2022 - 00:22 WIB
loading...
Serangan Ukraina Meningkat, Rusia Pindahkan Kapal Selam dari Crimea
Rusia memindahkan kapal selamnya dari Crimea di tengah serangan balik Ukraina yang terus meningkat. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Komandan Angkatan Laut Rusia telah memindahkan kapal selam dari Crimea setelah serangan Ukraina telah bergerak jauh masuk ke semenanjung itu. Hal itu diungkapkan kepala pertahanan Inggris.

Kementerian Pertahanan Inggris berpendapat bahwa pencaplokan Crimea oleh presiden Rusia pada tahun 2014 sebagian untuk memastikan pangkalan di sana untuk Armada Laut Hitamnya, tetapi tujuan ini sekarang telah melemah.

“Komando Armada Laut Hitam Rusia hampir pasti telah memindahkan kapal selam kelas KILO dari pelabuhan asal mereka di Sevastopol di Crimea ke Novorossiysk di Krasnodar Krai, Rusia selatan," kata Kementerian Pertahanan Inggris dalam pembaruan informasi intelijen terbarunya.

“Ini sangat mungkin karena perubahan baru-baru ini dalam tingkat ancaman keamanan lokal dalam menghadapi peningkatan kemampuan serangan jarak jauh Ukraina. Dalam dua bulan terakhir, markas armada dan lapangan terbang penerbangan angkatan laut utamanya telah diserang," sambung laporan itu.



“Menjamin pangkalan Armada Laut Hitam di Crimea kemungkinan merupakan salah satu motivasi Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mencaplok semenanjung itu pada tahun 2014. Keamanan pangkalan sekarang secara langsung telah dirusak oleh agresi berkelanjutan Rusia terhadap Ukraina,” demikian bunyi laporan itu seperti dikutip dari Evening Standard, Rabu (21/9/2022).

Inggris, Amerika Serikat (AS), Ukraina, dan sekutu lainnya sedang berperang dalam perang informasi melawan Kremlin sehingga pengarahan mereka perlu diperlakukan dengan hati-hati, meskipun, sering kali jauh lebih dapat dipercaya daripada propaganda yang dikeluarkan dari Moskow.

Dalam pembaruan terbaru dari garis depan, Ukraina mengatakan pasukannya telah bergerak lebih jauh ke timur ke wilayah yang baru-baru ini ditinggalkan oleh Rusia, membuka jalan bagi potensi serangan terhadap pasukan pendudukan Moskow di kawasan industri timur Donbas saat Kiev berusaha mendapatkan lebih banyak senjata Barat.

"Angkatan bersenjata Ukraina mendapatkan kembali kendali atas desa Bilohorivka dan bersiap untuk merebut kembali semua provinsi Luhansk dari penjajah Rusia," kata Gubernur provinsi Serhiy Gaidai.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)