Negara-negara Arab Pendukung Israel

Selasa, 20 September 2022 - 15:35 WIB
loading...
Negara-negara Arab Pendukung Israel
Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi bertemu Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan dan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett di resor Laut Merah Sharm el-Sheikh, Mesir, 22 Maret 2022. Foto/REUTERS
A A A
DUBAI - Sejumlah negara Arab diketahui telah mendukung Israel. Bahkan mereka telah menjalani hubungan diplomatik hingga melakukan kerja sama antarkedua negara.

Berikut beberapa negara Arab pendukung Israel.

1. Yordania

Pada 1967, Yordania pernah bergabung dengan perang melawan Israel, yaitu Perang Enam Hari. Hubungan kedua negara ini terjalin usai menandatangani perjanjian damai Israel-Yordania pada 1994.

Setelah perjanjian tersebut ditandatangani, Yordania dan Israel pun menjalin hubungan diplomatik terutama di bidang ekonomi serta keamanan.

Yordania mengirimkan tenaga kerja untuk pariwisata Israel. Sementara Israel menjual gas ke Yordania.

2. Mesir

Mesir dan Israel berdamai dengan menandatangani Perjanjian Damai pada 1979. Sebelumnya, kedua negara ini meneken Perjanjian Camp David yang dimediasi oleh mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Jimmy Carter pada 1978.

Pada Februari 1980, hubungan Mesir dan Israel pun dibangun. Diketahui, Mesir mempunyai kedutaan besar di Tel Aviv serta konsulat di Eilat.

Sementara Israel mempunyai kedutaan besar di Kairo serta konsulat di Alexandria. Pada 2018, Israel mengekspor gas ke alam ke Mesir usai kesepakatan senilai USD15 miliar ditandatangani.

3. Uni Emirat Arab

Israel membuka misi diplomatik di Abu Dhabi pada 2015. Lalu pada Agustus 2020, kedua negara ini menormalkan hubungan pada kesepakatan yang ditengahi oleh Amerika Serikat.

Uni Emirat Arab (UEA) untuk pertama kalinya membangun sambungan telepon ke Israel pada 16 Agustus 2020.

Sementara pada 31 Agustus 2020, terdapat penerbangan komersial yang langsung dari Israel ke Uni Emirat Arab.

Sejak 2015, Israel mempunyai perwakilan di Dubai. Israel serta Uni Emirat Arab juga saling mendukung untuk menitikberatkan melawan Iran.

4. Bahrain

Bahrain dan Israel terkait erat dalam masalah regional. Hubungan keduanya setidaknya sudah ada sejak 1990-an.

Lalu pada September 2020, Bahrain dan Israel sepakat untuk memperbaiki hubungan kedua negara yang sempat memanas.

Menurut Menteri Luar Negeri Bahrain Khalid bin Ahmed Al Khalifa, Israel merupakan bagian dari warisan seluruh wilayah ini secara historis.

Bahrain mendukung Israel lantaran membeli jaminan Israel serta Amerika Serikat terhadap Iran.

(sya)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3572 seconds (11.210#12.26)