Erdogan Ungkap Tujuan Terbaru Turki Gabung Blok Terbesar di Dunia

Minggu, 18 September 2022 - 06:15 WIB
loading...
Erdogan Ungkap Tujuan Terbaru Turki Gabung Blok Terbesar di Dunia
Presiden Turki Tayyip Erdogan menghadiri pertemuan kepala negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) pada pertemuan puncak di Samarkand, Uzbekistan, 16 September 2022. Foto/Kementerian Luar Negeri Uzbekistan/REUTERS
A A A
SAMARKAND - Presiden Recep Tayyip Erdogan mengungkapkan Turki ingin bergabung ke Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) pada Sabtu (17/9/2022).

Pernyataan itu muncul setelah pertemuan puncak kelompok itu di Samarkand, Uzbekistan. Erdogan mengambil bagian dalam acara tahun ini sebagai tamu istimewa.

“Hubungan kami dengan negara-negara ini akan dipindahkan ke posisi yang jauh berbeda dengan langkah ini,” ujar Erdogan kepada wartawan di pesawatnya.



Ditanya apakah Turki sedang berusaha secara resmi bergabung dengan kelompok itu, presiden menjawab dengan tegas. “Tentu saja, itu tujuannya,” papar dia.

SCO adalah integrasi ekonomi dan aliansi pembangunan kepercayaan yang didirikan pada 2001, dan sekarang menjadi blok regional terbesar di dunia.

Saat ini, SCO menyatukan China, Rusia, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Uzbekistan, India, dan Pakistan.



Ada juga empat negara pengamat yakni Afghanistan, Mongolia, Belarusia, dan Iran yang berusaha menjadi anggota penuh blok tersebut.

Belarusia dan Iran telah meluncurkan proses aksesi sebagai anggota resmi SCO.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)