Kepala Intelijen Militer AS: Putin Tidak Dapat Mencapai Tujuan di Ukraina

Sabtu, 17 September 2022 - 17:03 WIB
loading...
Kepala Intelijen Militer AS: Putin Tidak Dapat Mencapai Tujuan di Ukraina
Kepala Intelijen Militer AS: Putin Tidak Dapat Mencapai Tujuan di Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Kemunduran Rusia dan sumber daya yang terbentang di Ukraina menunjukkan pasukan Moskow tidak mampu mencapai tujuan awal yang dicanangkan Presiden Vladimir Putin dalam menginvasi negara itu seperti yang terjadi sekarang. Hal itu diungkapkan Kepala Intelijen Pentagon.

“Kami sampai pada titik sekarang di mana saya pikir Putin harus merevisi apa tujuannya untuk operasi ini,” kata Letnan Jenderal Scott Berrier, Direktur Badan Intelijen Pertahanan Amerika Serikat (AS), seperti dikutip dari Reuters.



Ia mengatakan hal itu pada konferensi intelijen dan keamanan nasional di luar Washington. "Karena cukup jelas sekarang bahwa dia tidak akan bisa melakukan apa yang awalnya dia ingin lakukan," lanjutnya.

Putin mengirim pasukan ke negara tetangga Ukraina pada Februari dengan apa yang dikatakan pejabat AS sebagai tujuan untuk menggulingkan pemerintah Ukraina yang bersahabat dengan Barat. Pasukan Ukraina mengusir pejuang Rusia dari posisi mereka di sekitar ibu kota Ukraina pada awal perang.

Sementara Rusia dilaporkan mengalami kemunduran besar lainnya minggu lalu, ketika serangan balasan Ukraina memaksa pasukannya mundur dari petak besar timur laut Ukraina.



“Rusia merencanakan pendudukan, belum tentu invasi, dan itu telah membuat mereka mundur,” kata Berrier, mengutip keengganan Putin sejauh ini untuk sepenuhnya memobilisasi pasukan Rusia untuk mendapatkan lebih banyak tenaga kerja ke dalam pertempuran.

Presiden Joe Biden dan pejabat pemerintah AS lainnya telah berhati-hati untuk tidak menyebut mundurnya Rusia sebagai kemenangan atau titik balik Ukraina dalam perang, dan para analis memperingatkan bahwa tidak mungkin untuk menilai apa yang mungkin ada di depan.



“Dia akan mengambil keputusan,” kata Berrier tentang Putin. “Keputusan apa yang akan kami tidak tahu. Tapi itu sebagian besar akan mendorong berapa lama konflik ini berlangsung,” lanjutnya.

Berrier berbicara di sebuah panel dengan pejabat senior lainnya di Intelijen dan KTT Keamanan Nasional komunitas intelijen di National Harbor di Maryland di luar Washington.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)