Xi Jinping Diundang Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth, Legislator Inggris Mencak-mencak

Kamis, 15 September 2022 - 18:59 WIB
loading...
A A A
China telah membantah tuduhan itu, mengklaim kamp-kamp itu adalah fasilitas "pendidikan ulang" yang digunakan untuk memerangi terorisme.

"Kami sangat prihatin mendengar bahwa pemerintah China telah diundang untuk menghadiri pemakaman kenegaraan minggu depan, meskipun negara-negara lain Rusia, Belarusia dan Myanmar dikecualikan," bunyi surat itu.

“Mengingat Parlemen Inggris telah memilih untuk mengakui genosida yang dilakukan oleh pemerintah China terhadap orang-orang Uighur, luar biasa bahwa arsitek genosida itu harus diperlakukan dengan cara yang lebih baik daripada negara-negara yang telah dilarang,” sambung surat itu seperti dikutip dari BBC, Kamis (15/9/2022).



Mereka menambahkan bahwa itu sangat tidak pantas, mengingat tujuh anggota parlemen telah diberi sanksi oleh pemerintah China dan Duta Besar China telah dilarang untuk hadir di Istana Westminster.

Mereka juga meminta jaminan bahwa tidak ada perwakilan pemerintah China yang diizinkan datang ke Istana Westminster, dengan mengatakan hal ini sepenuhnya tidak pantas.

Kelompok legislator itu mengatakan mereka juga telah menulis surat kepada Menteri Luar Negeri Inggris tentang masalah ini.

Presiden Xi Jinping termasuk di antara para pemimpin dunia yang menyatakan belasungkawa setelah kematian Ratu Elizabeth II, mencatat bahwa dia adalah raja Inggris pertama yang mengunjungi China.

Menurut media pemerintah, presiden China mengatakan dia sangat mementingkan hubungan antara kedua negara dan siap bekerja dengan Raja Charles III untuk mempromosikan perkembangan hubungan bilateral yang sehat dan stabil.

Pada hari Senin, Wang juga mengunjungi kedutaan Inggris di Beijing bersama duta besar Inggris untuk China, Caroline Wilson, untuk menandatangani buku belasungkawa untuk Ratu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2201 seconds (0.1#10.140)