alexametrics

China Peringatkan Konsekuensi Serius jika Inggris Beri Kewarganegaraan pada Penduduk Hong Kong

loading...
China Peringatkan Konsekuensi Serius jika Inggris Beri Kewarganegaraan pada Penduduk Hong Kong
China memperingatkan Inggris akan adanya konsekuensi serius, jika mereka melanjutkan rencana untuk memberikan kewarganegaraan kepada tiga juta penduduk Hong Kong. Foto/REUTERS
A+ A-
BEIJING - China memperingatkan Inggris akan adanya konsekuensi serius, jika mereka melanjutkan rencana untuk memberikan kewarganegaraan kepada tiga juta penduduk Hong Kong. Inggris berencana memberikan kewarganegaraan kepada penduduk Hong Kong, setelah China menyetujui Undang-undang Keamanan Nasional baru.

"China berhak untuk memngambil tindakan yang tepat kepada Inggris mengenai hal ini," ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, tanpa memberikan rincian lebih lanjut, seperti dilansir Reuters pada Kamis (2/7/2020).

Sebelumnya, Kedutaan Besar China di Inggris mengatakan, London tidak memiliki hak untuk memberikan izin tinggal kepada warga Hong Kong yang melarikan diri dari undang-undang Keamanan Nasional.

(Baca juga: China Murka Inggris Tawarkan Kewarganegaraan pada Penduduk Hong Kong)



Duta Besar China untuk Inggris, Liu Xiaoming mengatakan, kebijakan ini akan menjadi pelanggaran perjanjian antara kedua negara. Ia juga menyebut kritik Inggris terhadap undang-undang keamanan nasional tidak bertanggung jawab dan tidak beralasan.

"Jelas bahwa semua rekan kerja China yang tinggal di Hong Kong adalah warga negara China, apakah mereka pemegang paspor British Dependent Territories Citizens atau paspor British National (Overseas)," katanya.



"Jika pihak Inggris melakukan perubahan sepihak terhadap praktik yang relevan, itu akan melanggar posisinya sendiri dan janji serta hukum internasional. Kami dengan tegas menentang ini dan berhak untuk mengambil tindakan yang sesuai," katanya dalam sebuah pernyataan yang diposting di situs kedutaan."Inggris tidak memiliki kedaulatan, yurisdiksi atau hak 'pengawasan' atas Hong Kong," tegasnya.

(Baca juga: Diduga Gunakan Ilmu Kebal, Pencuri Jadi Bulan-bulanan Warga)
(esn)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak