Terbang di Langit Inggris, Pesawat Pembom B-52 AS Keluarkan Kode Darurat

Rabu, 14 September 2022 - 14:20 WIB
loading...
Terbang di Langit Inggris, Pesawat Pembom B-52 AS Keluarkan Kode Darurat
Pesawat pembom berkemampuan nuklir AS, B-52, mengeluarkan kode darurat saat terbang di langit Inggris. Foto/Daily Mail
A A A
LONDON - Sebuah pesawatpembom berkemampuan nuklir milik Amerika Serikat (AS), B-52, mengeluarkan kode darurat saat berkeliaran di langit Inggris pada Selasa kemarin.

Pesawat Angkatan Udara AS berkode SPICY22 itu lepas landas dari pangkalan angkatan udara Inggris, RAF Fairford di Gloucestershire terbang berputar setelah mengeluarkan kode darurat Squawk 7700. Diduga itu dilakukan karena salah satu mesin pesawat pembom itu mengalami kegagalan.

Penduduk di dekat lapangan terbang Gloucester menggambarkan suara gemuruh 'sangat keras' dari pesawat pembom itu saat terbang di atas kota seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (14/9/2022).

Baca: Eks Petinggi NATO Takut Putin Gunakan Senjata Nuklir Serang Balik Ukraina

Pesawat pembom B-52 itu dikerahkan ke Fairford tahun ini sebagai respons atas invasi Rusia ke Ukraina. Pesawat itu secara teratur telah digunakan dalam pelatihan dan misi pengintaian di Eropa bersama kekuatan NATO lainnya.

Setelah sempat kembali ke AS, pesawat pengebom itu kembali ke Fairford pada bulan Agustus lalu dan tetap bermarkas di sana.

Selain pesawat pengembom B-52, pesawat mata-mata F35 dan U2 juga terlihat tiba di lapangan terbang tersebut pada awal tahun ini.

Baca: 4 Pesawat Pembom Berkemampuan Nuklir AS Tiba di Inggris, Lihat Penampakannya

Pesawat yang disebut terakhir dapat terbang di atas ketinggian 70 ribu kaki dan digunakan untuk pengumpulan informasi intelijen. Sedangkan pesawat yang disebut di awal berbasis di Lakenheath.

(ian)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1829 seconds (11.210#12.26)