Merangsek Maju, Pasukan Ukraina Diklaim Rebut 6.000 Km Wilayah dari Rusia

Selasa, 13 September 2022 - 15:05 WIB
loading...
Merangsek Maju, Pasukan Ukraina Diklaim Rebut 6.000 Km Wilayah dari Rusia
Presiden Volodymr Zelensky mengklaim pasukan Ukraina telah merebut 6.000 km wilayah dari tangan Rusia. Foto/Al Jazeera
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengklaim pasukannya telah merebut kembali lebih banyak wilayah dari tangan Rusia saat mereka melanjutkan serangan balasan mereka.

Zelensky mengatakan pasukan Ukraina sekarang telah merebut kembali lebih dari 6.000 km persegi dari kendali Rusia pada bulan September, di timur dan selatan.

"Dari awal September hingga hari ini, para pejuang kami telah membebaskan lebih dari 6.000 km persegi wilayah Ukraina - di timur dan selatan," kata Zelensky dalam pidato videonya.

"Pergerakan pasukan kami terus berlanjut," imbuhnya seperti dikutip dari BBC, Selasa (13/9/2022).

BBC tidak dapat memverifikasi angka-angka ini.

Keberhasilan serangan balik Ukraina tampaknya berlangsung cepat. Kamis lalu, Presiden Zelensky mengatakan pasukan Ukraina telah merebut kembali 1.000 km persegi, tetapi pada hari Minggu angka tersebut telah meningkat tiga kali lipat menjadi 3.000 km persegi.



Zelensky berterima kasih kepada beberapa brigade Ukraina yang terlibat dalam serangan balasan, menggambarkan para pejuang mereka sebagai "pahlawan sejati".

Namun dia tidak mengungkapkan kota dan desa Ukraina mana yang telah dibebaskan.

Rusia sebelumnya telah mengakui kehilangan kota-kota penting di wilayah timur laut Kharkiv, dalam apa yang dilihat oleh beberapa pakar militer sebagai terobosan potensial dalam perang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2490 seconds (0.1#10.140)