Zelensky Akui Ukraina Bergantung pada AS untuk Uang dan Militer

Selasa, 13 September 2022 - 07:38 WIB
loading...
Zelensky Akui Ukraina Bergantung pada AS untuk Uang dan Militer
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Ukraina bisa kalah perang tanpa bantuan keuangan dan militer lanjutan dari Amerika Serikat (AS).

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengakui hal itu saat bicara pada CNN dalam menanggapi pertanyaan tentang politik internal Amerika, selama wawancara yang ditayangkan pada Minggu (11/9/2022).

“Saya berterima kasih kepada Presiden (Joe) Biden dan Gedung Putih serta dukungan bipartisan,” ujar Zelensky mengatakan kepada Fareed Zakaria dari CNN selama wawancara, yang direkam di Kiev pada beberapa titik selama sepekan lalu.

Dia menambahkan, “Tanpa dukungan ini, kami tidak akan dapat mengembalikan tanah kami.”



“Saya ingin percaya bahwa dukungan bipartisan akan tetap kuat dan teguh. Bagi kami, itu sangat penting,” papar Zelensky, menanggapi klaim Zakaria bahwa kemenangan Partai Republik di paruh waktu November akan membuat AS “kurang mendukung Ukraina.”

Jika Barat berhenti mengirim senjata dan uang ke Kiev, “Rusia bisa memenangkan pertarungan ini,” ujar Zelensky kepada CNN.



Dia akan bersedia membuat argumen untuk membela bantuan itu kepada para pembayar pajak AS, yang perlu tahu uang mereka akan membela “nilai-nilai” Barat.

AS telah menyalurkan lebih dari USD30 miliar bantuan militer ke Ukraina, di mana USD17 miliar di antaranya datang antara kudeta 2014 dan eskalasi permusuhan pada Februari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)